get app
inews
Aa Read Next : 3 Destinasi Wisata di Kawasan Amed, Bali yang Wajib Dikunjungi

Lawar Bali, Makanan Unik yang Gunakan Darah Hewan sebagai Bumbu Pelengkap

Senin, 16 Januari 2023 | 11:09 WIB
header img
Lawar Bali, Makanan Unik yang Gunakan Darah Hewan sebagai Bumbu Pelengkap ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Bali merupakan salah satu kepulauan terbaik nomor 2 di dunia. Bali juga memiliki destinasi wisata yang sangat memukau, sehingga banyak sekali turis mancanegara maupun lokal pergi berwisata ke Bali. 

Tak hanya memiliki wisata yang sangat indah, Bali juga memiliki beragam makanan khas yang sangat unik, salah satunya adalah lawar.

Lawar merupakan makanan yang berupa campuran beberapa sayur-sayuran dan diberi bumbu khas Bali, parutan kelapa, terasi, dan juga daging cincang. Yang unik dari makanan ini adalah campuran darah hewan di dalam proses pembuatannya. Sebelum dicampurkan, biasanya darah ini diberi bumbu rahasia, sehingga memiliki rasa yang sangat khas. 

Lawar memiliki banyak sekali nama, tergantung dengan jenis daging dan juga sayuran yang digunakan. Salah satu contohnya adalah Lawar Penyu, disebut lawar penyu karena menggunakan daging penyu sebagai pelengkapnya. Lawar Nangka, yakni lawar yang menggunakan sayur nangka. Ada juga lawar yang tidak menggunakan darah hewan dan biasanya disebut sebagai Lawar Putih. 

Lawar kebanyakan menggunakan darah hewan, sehingga hanya bisa bertahan setengah hari saja, jika ditempatkan di ruangan terbuka. Menurut masyarakat Bali, lawar memiliki simbol sebagai keharmonisan da juga keseimbangan. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut