get app
inews
Aa Read Next : 3 Destinasi Wisata di Kawasan Amed, Bali yang Wajib Dikunjungi

4 Jenis Sate dari Pulau Dewata yang Lezat

Kamis, 22 Desember 2022 | 14:17 WIB
header img
Sate Kakul khas Ubud, Bali ( foto: istimewa )

JEMBER,iNews.id - Sate merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Sate juga pernah menjadi salah satu dari 50 makanan terlezat di dunia. 

Indonesia sendiri memiliki berbagai macam jenis sate yang sudah tersebar. Ada salah satu pulau di Indonesia yang memiliki jenis sate yang beraneka ragam, yakni Pulau Bali. Di Bali sate merupakan sebuah ciri khas. Penjual sate di Bali tersebar di sepanjang jalan maupun kedai makan. 

Sate yang paling terkenal di Bali adalah Sate Lilit. Selain sate lilit juga ada sate plecing, sate kakul dan sate lainnya. Ulasan dibawah ini akan membahas beberapa jenis sate yang ada di Pulau Dewata ini. 

1.  Sate Lilit.

Sate lilit merupakan sate yang paling terkenal di Bali. Banyak wisatawan yang ketagihan dengan sate ini. Sate ini terbilang unik karena menggunakan batang sereh sebagai pengganti tusuk sate.

Umumnya masyarakat Bali menggunakan daging babi sebagai bahan dasarnya. Tapi tak perlu khawatir sekarang banyak kedai yang menggunakan olahan daging ayam sebagai pengganti daging babi. Daging yang akan diolah menjadi sate lilit awalnya digiling terlebih dahulu. Lali diberi campuran parutan kelapa serta bumbu khas Bali. Setelah adonan jadi sate siap di lilitkan pada batang sereh.

2. Sate Plecing 

Sate ini bisa terbuat dari daging sapi, kambing, maupun ayam. Sebelum dibakar, sate plecing diberi bumbu plecing khas Bali. Bumbu ini terdiri dari kemiri, terasi, tomat, bawang putih, dan beberapa bumbu lainnya. Sehingga sate ini memiliki citarasa pedas, gurih, serta asam yang mirip dengan sayur plecing. Sate ini banyak ditemui di daerah Singaraja.

3.Sate Kakul

Sate Kakul merupakan sate tradisional Bali yang berasal dari daerah Ubud. Sate ini menggunakan siput sebagai bahan utamanya. Sate kakul ini memiliki citarasa yang unik, dan rasanya tak kalah dengan sate daging lainnya. 

4. Sate Languan Ikan

Sate Languan Ikan berasal dari daerah pesisir pantai Kabupaten Klungkung. Sate ini mirip dengan sate lilit, yang membedakan hanya bahan dasarnya saja. Jika sate languan ikan menggunakan daging ikan sebagai bahan dasarnya. Cara penyajian sate ini juga menggunakan batang sereh sebagai pengganti tusuk sate.

Jika sedang melancong di Pulau Dewata tak ada salahnya untuk mencoba salah satu sate khasnya. Semoga membantu.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut