get app
inews
Aa Read Next : 4 Rekomendasi Soto Betawi Terlegendaris di Jakarta, Rasanya Tak Perlu Diragukan Lagi

4 Rekomendasi Makanan yang Tak Boleh Dilewatkan Saat Berkunjung ke Bali

Rabu, 16 November 2022 | 13:06 WIB
header img
Resep Ayam Betutu khas Bali ala Devina Hermawan. (foto: Tangkapan layar YouTube.com/Devina Hermawan)

Jika berkunjung di Bali kurang lengkap kalau belum cobain kuliner khasnya. Salah satu khuliner khas Bali yang cukup fenomenal adalah ayam betutu. Ayam betutu sering dicari oleh wisatawan lokal maupun manca negara karena makanan ini memilki cita rasa rempah yang kuat. 

  

Ada beberapa tempat makan ayam betutu yang legendaris dan rasanya tidak pernah berubah dari dulu, seperti dilansir dari Tribunnews.com. Untuk rekomendasi ayam betutu di Bali bisa simak ulasan berikut. 

  

Ayam Betutu Khas Gilimanuk   

Ayam betutu Khas Gilimanuk yang berlokasi di Jl.Wolter Monginsidi No. 63A, Senopati,Bali. Ayam betutu Khas Gilimanuk ini memiliki perbedaan dengan beberapa ayam betutu lainnya. Yang membedakan ayam betutu ini terletak pada tiga varian ayam betutu dan beraneka pilihan sambalnya.  

Varian ayam betutu yang ada di tempat makan ini diantaranya ada ayam betutu kuah, goreng dan bakar. Sedangkan varian sambalnya ada sambal tomat, sambal matah, sambal cabai krinyi, sambal mbe, dan sambal terasi. 

  

Ayam Betutu Men Tempeh 

Sudah tidak asing lagi mendengar tempat makan ini, karena terkenal sangat legendaris di Bali. Ayam betutu Men Tempeh ini berdiri sejak tahun 1978.  Ayam betutu Men Tempeh sendiri menggunakan ayam kampung untuk bahan utamanya, sehingga lebih gurih. Dan memiliki ciri khas pada kuah kaldunya. Kuah kaldu di Ayam betutu Men Tempeh kaya akan rempah dan bercitarasa pedas. Lokasi Ayam betutu Men Tempeh sendiri berada di Jl. Gilimanuk, Melaya, Jembrana, Bali. Buka dari pukul 07.00 - 20.00 WITA   

 

Ayam Betutu Pak Man 

Yang ketiga ada Ayam betutu Pak Man, tempat makan ini menjadi legendaris karena mempunyai cita rasa yang pedas sama seperti Ayam betutu Men Tempeh. Ditambah tekstur ayam kampung yang lembut dan sedikit berserat semakin menggugah selera. Menyantap Ayam betutu Pak Man cukup merogoh kocek Rp 85.000 untuk satu ekor ayam utuh. Tempat makan ini berlokasi di Jl. Kubu Anyar No. 72x, Kuta,Bali. 

  

Warung Liku  

Yang terakhir ada Warung Liku, berlokasi di dekat Kuta dan Seminyak atau di Jl. Tukad Musi, Renon, Denpasar, Bali. Tempat makan ini cukup populer di Bali dan setiap harinya tidak pernah sepi pembeli.  

 

Ciri khas Warung Liku ada pada isiannya yang komplit dan melimpah ruah. Satu porsi terdiri dari nasi, ayam betutu kuah, telur pindang, sayur kacang panjang, kacang tanah goreng, timun, dan sambal matah.  Nasi ayam betutu di Warung Liku dipatok harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 20.000. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut