get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

5 Kuliner Khas Surabaya yang Unik dan Lezat

Selasa, 07 Februari 2023 | 16:14 WIB
header img
5 Kuliner Khas Surabaya yang Unik dan Lezat ( foto : Istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Bagi wisatawan yang ingin berencana menghabiskan liburan akhir tahun ke Surabaya, tentunya jangan sampai melewatkan makanan khasnya untuk dicoba. Kota di Jawa Timur ini sangat terkenal dengan aneka kuliner yang sangat menggugah selera.

Kuliner Khas Surabaya yang Unik

Setelah puas menikmati wisata yang ada, wisatawan bisa langsung mencicipi beberapa rekomendasi kuliner khas Surabaya yang sangat unik ini. Berikut ada beberapa kuliner khas dari Surabaya yang unik dan lezat. 

1. Lontong Balap

Lontong balap merupakan salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berlibur ke daerah Surabaya. Makanan ini sangat melegenda, sebab sudah ada sejak tahun 1956 silam. Lontong balap memiliki citarasa yang sangat lezat dan nikmat sehingga selalu diburu oleh wisatawan. Lontong balap sendiri terbuat dari tahu kecambah yang kemudian diberi kuah pedas yang sangat khas dan juga taburan bawang merah goreng sebagai toppingnya. Salah satu warung penjual lontong balap yang sangat terkenal di Surabaya adalah Garuda Pak Gendut. 

2. Rawon Setan

Rawon adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba jika berkunjung ke Surabaya. Rawon yang terkenal di daerah Surabaya adalah rawon setan karena memiliki rasa gurih serta pedas. Rawon ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah hitam yang pekat. Rawon setan ini sangat cocok disantap dengan nasi putih yang hangat. Jika ingin menikmati makanan ini, para pengunjung bisa membeli rawon di setiap sudut kota Surabaya. 

3. Tahu Campur

Tahu campur juga termasuk kedalam makanan khas Surabaya yang tak boleh dilewatkan. Jajanan ini banyak diburu oleh wisatawan. Meski banyak dijual di berbagai daerah, tahu campur khas Surabaya ini sangat berbeda. Tahu campur khas Surabaya ini menggunakan soto bukan bumbu kacang pada umumnya. Dalam satu porsi tahu campur terdiri atas mie, kubis, tauge, petis, dan tahu yang kemudian ditambahkan dengan kuah soto kwali. 

4. Tahu Tek

Setelah tahu campur ada kuliner lain yang tak kalah nikmatnya, yakni tahu tek. Dalam satu porsi tahu tek terdiri dari lontong, tahu goreng, dan juga potongan kentang kukus  yang sudah dipotong kecil-kecil. Tahu tek ini disajikan dengan kecambah, irisan daun seledri dan juga racikan bumbu petis. Tahu tek sangat cocok disantap menggunakan kerupuk.

5. Rujak Cingur

Tak lengkap jika berkunjung ke Surabaya tetapi tak mencicipi rujak cingur. Rujak cingur merupakan salah satu kuliner khas yang banyak digandrungi oleh wisatawan. Bahkan penjual rujak cingur terdapat di setiap sudut kota ini. Secara umum, rujak cingur hampir mirip dengan rujak biasa. Hanya saja rujak ini menggunakan campuran cingur atau hidung sapi sebagai bahan utamanya. Rujak cingur berisi aneka sayuran yang disiram dengan bumbu kacang yang sangat gurih. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut