get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Kini Serangan Siber Berkedok Game Online Telah Menyebar Hingga Indonesia

Jember Pengekspor Edamame Terbesar di Indonesia

Jum'at, 16 Desember 2022 | 15:54 WIB
header img
Jember Pengekspor Edamame Terbesar di Indonesia ( FOTO : ISTIMEWA )

JEMBER,iNews.id - Jember merupakan pengekspor edamame terbesar di Indonesia. Edamame ini diproduksi oleh PT. Mitra Tani Dua Tujuh, anak perusahaan dari PT ‎Perkebunan Nusantara (PTPN) X.

 

Edamame merupakan kacang kedelai yang dipanen saat masih muda. Biasanya kacang kedelai ini dipanen saat masih berwarna hijau. Edamame diperjual belikan dalam bentuk utuh dengan kulitnya atau hanya bijinya saja. 

 

Edamame sendiri pertama kali dibudidayakan di China pada 200 SM, di Thiongkok tanaman ini biasa dijadikan sebagai obat. Pada 972 M, edamame pertama kali di perjual-belikan di Jepang.

 

Pada abad ke-19 edamame mulai menyebar lewat perdagangan dunia di berbagai negara seperti Jepang, Korea, Indonesia, India, Australia, dan Amerika. Di Indonesia edamame mulai dibudidayakan sekitar abad ke-16 di pulau Jawa. 

 

Indonesia pertama kali membudidayakan edamame di Bogor. Dua tahun berselang, tanaman ini juga turut dibudidayakan di Jember, Jawa Timur. Sampai saat ini Jember masih menjadi pengekspor edamame terbesar di Indonesia. Produksi edamame di Jember dilakukan oleh PT.Mitra Tani Dua Tujuh yang merupakan anak perusahaan dari PT ‎Perkebunan Nusantara (PTPN) X.

 

PT. Mitra Tani tak sembarangan dalam memilih benih edamame. Perusahaan ini selalu mengimpor benih langsung dari Jepang dan benih yang diimpor pun tak pernah sedikit. Memperbanyak benih dilakukan untuk meminimalisir biaya impor yang mahal.

 

Hasil edamame dari PT. Mitra Tani Dua Tujuh di ekspor di berbagai negara, yakni seperti Jepang, Eropa, Kuwait, Malaysia, Australia sampai ke Amerika Serikat (AS). 

 

Pertama kali PT. Mitra Tani mengekspor edamame ke Jepang pada tahun 1995 sebagai salah satu komoditas utama hingga saat ini. Tahun 1998 PT Mitra Tani memproduksi produk mukimame atau edamame kupas. Dan tahun 2006 PT.Mitra Tani menghentikan impor benih dan mulai memproduksi multiplikasi benih edamame. 

 

Edamame biasanya dipasarkan dalam keadaan frozen ( beku ) dan ada juga yang sudah direbus. Di Jember tak sulit untuk menemukan edamame, sudah banyak dipinggir jalan yang menjual kedelai ini. Selain itu PT. Mitra Tani juga memiliki outlet yang memang dikhususkan menjual produk edamame ini. Outlet tersebut berada di Jalan Brawijaya No.83, Wonosari, Mangli, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember atau di sebelah pabrik PT. Mitra Tani Dua Tujuh. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB - 21.00 WIB.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut