get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

3 Rekomendasi Wisata Alam di Indonesia, Ada Destinasi Super Prioritas

Jum'at, 10 Februari 2023 | 11:06 WIB
header img
3 Rekomendasi Wisata Alam di Indonesia, Ada Destinasi Super Prioritas ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang mempesona. Keindahan wisatanya pun sudah banyak yang diakui oleh dunia, mulai dari gunung, danau, pantai, hutan hingga lautan. 

Indonesia memiliki luas wilayah sekitar 7,81 juta kilometer persegi yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Selain itu Indonesia juga memiliki 17.499 pulau, yang membuat negara ini memiliki potensi wisata yang tak ada habisnya. .

Berikut ada tiga rekomendasi tempat wisata alam di Indonesia yang mempesona. 

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Kawasan Gunung Bromo memiliki keindahan yang sudah terkenal hingga mancanegara. Di tempat inilah, wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbit yang sangat memukau. Ketika turun ke kawasan Gunung Bromo, wisatawan bisa melihat kawah pasir yang terbentang sangat luas di sekitar sana. 

Wisatawan bisa menyewa mobil Jeep untuk menjelajahi lautan pasir yang memiliki luas sekitar 5.250 hektar dengan ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Wisatawan banyak menyebut pasir di Bromo sebagai pasir berbisik lantaran tersapu oleh tiupan angin, dan desiran pasir ini seolah berbisik seakan menyapa orang-orang yang sedang berkunjung. 

Gunung Bromo juga kerap kali dianggap suci oleh suku Tengger yang mendiami kawasan tersebut. Salah satu ritual tahunan yang dilakukan oleh suku Tengger di kawasan Gunung Bromo adalah Yadnya Kasada. 

Saat ritual ini, suku Tengger memberikan sesaji binatang ternak dan juga makanan sebagai suatu bentuk penghormatan kepada para dewa-dewa yang ada di sekitar kawasan pegunungan ini. Selain itu di kawasan ini juga ada Pura Luhur Poten yang menjadi pusat kegiatan ibadah bagi suku Tengger yang beragama Hindu. 

Jika mengunjungi Gunung Bromo, wisatawan bisa melakukan perjalanan mulai dari Kota Malang atau Surabaya menggunakan transportasi udara. Jika menggunakan transportasi darat seperti bus dan kereta api, wisatawan bisa memanfaatkan layanan penyedia paket wisata Bromo. 

2. Danau Toba, Sumatera Utara

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas. Danau Toba memiliki luas sekitar 1.145 kilometer persegi dengan kedalaman sekitar 450 meter, danau ini juga dianggap menyerupai lautan. Danau Toba juga dinobatkan sebagai danau terbesar di kawasan Asia Tenggara serta menjadi danau terdalam di dunia. 

 

Danau Toba sangat lekat dengan berbagai cerita dibelakangnya, baik secara ilmiah maupun legenda. Dari kedua sisi inilah, Danau Toba memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Baru-baru ini, pemerintah telah meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dengan empat kapal penyeberangan yang bisa menunjang Danau Toba sebagai destinasi wisata. Pemerintah meresmikan fasilitas ini agar masyarakat sekitar tak menggunakan kapal kecil yang sangat beresiko terhadap keselamatan penumpang. 

Untuk menikmati suasana udara dingin dan sejuk, wisatawan bisa melakukan kegiatan glamping di The Caldera Toba Nomadic Escape yang terletak di Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Tak hanya itu saja, wisatawan bisa melihat pesona Danau Toba dari atas Bukit Siadtaratas dan Simarjarunjung. 

 

3. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken sering disebut sebagai surga bagi wisatawan yang menyukai destinasi wisata bahari. Sebab Taman Nasional Bunaken memiliki keindahan bawah laut yang sangat eksotis, terutama ekosistem terumbu karang. Selain menjadi tempat wisata, Taman Nasional Bunaken juga dijadikan sebagai kawasan konservasi laut. Taman Nasional Bunaken memiliki terumbu karang sekitar 11.709 hektar dengan 390 spesies terumbu karang. 

Taman nasional ini juga memiliki kawasan hutan bakau sekitar 2.434 hektar dengan 28 spesies . Di kawasan hutan ini terdapat habitat kepiting, moluska, dan juga burung laut. Taman nasional ini juga memiliki padang lamun seluas 5.108 hektar dengan 9 spesies. Kawasan darat dari Taman Nasional Bunaken terdapat banyak sekali pohon sagu, woka, silar dan juga kelapa. Wisatawan juga akan menemukan beberapa rusa dan kuskus di kawasan taman nasional ini.

Untuk menuju Taman Nasional Bunaken, wisatawan bisa menyeberang melalui Pelabuhan Manado yang kemudian akan diarahkan untuk menaiki perahu motor menuju kawasan Taman Nasional dengan waktu tempuh sekitar 20 hingga 60 menit. Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Bunaken, wisatawan domestik dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 sedangkan wisatawan asing dikenakan tarif sebesar Rp 150.000 per orang.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut