get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

4 Manfaat Buah Rambutan yang Jarang Diketahui

Jum'at, 03 Februari 2023 | 14:09 WIB
header img
4 Manfaat Buah Rambutan yang Jarang Diketahui ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Rambutan adalah salah satu buah khas yang bisa tumbuh subur didaerah beriklim tropis, seperti di kawasan Asia Tenggara khususnya daerah Indonesia. Buah rambutan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. 

Buah ini juga mengandung vitamin, mineral, serta kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu vitamin yang terkandung di dalam rambutan adalah asam folat karena bisa untuk membantu tubuh membelah sel serta bisa mereplikasi DNA. Dokter banyak yang merekomendasikan para wanita yang menjalani program hamil untuk mengkonsumsi 400 mikrogram folat setiap hari agar saat lahir bayi terhindar dari cacat. 

4 Manfaat Rambutan yang Perlu Diketahui

Buah rambutan juga kaya akan kandungan potasium dan mineral yang bisa membantu detak jantung, fungsi ginjal dan juga kontraksi pada otot. Selain itu, buah rambutan juga memiliki beberapa manfaat lain, seperti : 

1. Melancarkan Sistem Pencernaan 

Rambutan bisa membantu tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan. Buah ini juga memiliki kandungan serat dalam bentuk larut maupun tidak larut. Serat yang terkandung di dalam rambutan bisa membantu tubuh terhindar dari penyakit sembelit. Serat yang tidak larut bisa menjadi makanan untuk bakteri baik dalam sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi rambutan sesuai dengan kebutuhan tubuh bisa membantu usus menangani makanan yang lebih kompleks dengan mudah. 

2. Bantu Menurunkan Berat Badan 

Sama halnya dengan kebanyakan buah lainnya, buah rambutan bisa membantu tubuh dalam proses diet. Sebab rambutan mengandung sekitar 75 kalori dan 1,3 - 2 gram serat per 100 gram. Kalori yang terkandung di dalam rambutan relatif sangat rendah untuk jumlah serat yang ada. Hal ini bisa membantu tubuh untuk kenyang lebih lama, serta bisa mengurangi kemungkinan mengkonsumsi makanan berlebihan. Buah rambutan juga bisa meningkatkan penurunan berat badan secara berkala. Serat larut dari buah rambutan bisa larut di dalam air kemudian akan membentuk zat seperti gel di usus. Zat ini bermanfaat untuk memperlambat proses pencernaan serta penyerapan nutrisi yang bisa membuat tubuh kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. 

3. Menurunkan Risiko Kanker 

Buah rambutan kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin ini termasuk kedalam jenis antioksidan yang sangat kuat. Dengan mengkonsumsi antioksidan secara rutin, bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Antioksidan juga dipercaya bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker. 

4. Memperkuat Imun

Vitamin C di dalam rambutan sangat berkaitan dengan fungsi kekebalan pada tubuh dan kesehatan. Dengan rutin mengkonsumsi vitamin C secara teratur bisa membantu tubuh untuk menjaga kesehatan serta kekebalan imun dalam jangka waktu yang lama. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, jika kandungan ekstrak buah rambutan dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi. Ekstrak ini juga bisa mencegah replikasi virus dan membantu sistem kekebalan pada tubuh. Buah rambutan secara tidak langsung bisa membantu tubuh untuk melawan virus dengan lebih mudah. 

Itulah 4 manfaat buah rambutan yang jarang diketahui. Tetapi disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Agar manfaat dari buah rambutan bisa diserap secara optimal oleh tubuh. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut