Sering Nyeri Sendi ? Inilah 5 Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Mencegahnya

Intan Eka
Sering Nyeri Sendi ? Inilah 5 Upaya yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegahnya ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Asam urat bisa terjadi secara spontan. Ternyata penyakit ini bisa disebabkan oleh makanan, minuman dan juga kebiasaan yang tak terduga dalam kehidupan sehari-hari. Penderita asam urat akan merasa kesakitan pada bagian persendian akibat serangan penyakit ini.

Secara umum, asam urat sering terjadi di area jempol kaki, pergelangan kaki, siku, hingga jari-jari tangan. Orang yang memiliki kadar asam urat yang tinggi ( diatas 7,0 mg/dL) akan merasakan pembengkakan di sekitar sendi yang disebabkan oleh jaringan pelapis sendi ( sinovium ) mengalami pembengkakan atau peningkatan volume pelumas sendi ( cairan sinovial ). 

Asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin sendiri adalah zat alami yang memiliki fungsi sebagai pengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Jika sudah digunakan, asam urat akan dibuang melalui urine. 

Kadang tubuh akan menghasilkan terlalu banyak asam urat atau organ ginjal sedang mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. ketika ini terjadi, asam urat bisa menumpuk dan membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi dan jaringan di sekitarnya yang bisa menyebabkan rasa sakit, peradangan dan juga pembengkakan. 

Perubahan terhadap gaya hidup, diyakini bisa membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit asam urat.

Di bawah ini ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan resiko terjadinya asam urat.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network