get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

Hati-Hati! 5 Jenis Minuman Ini Bisa Sebabkan Asam Urat Kambuh

Rabu, 15 Februari 2023 | 13:26 WIB
header img
Hati-Hati! 5 Jenis Minuman Ini Bisa Sebabkan Asam Urat Kambuh ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Asam urat merupakan penyakit yang seringkali menyerang orang yang telah berusia 30 tahun ke atas. Penyakit ini bisa menghambat berbagai aktivitas sebab penderitanya akan merasakan nyeri yang sangat hebat. 

Gejala umum penyakit asam urat adalah nyeri, bengkak, dan juga rasa panas di area persendian tubuh. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat penyakit asam urat kambuh secara mendadak. Seringkali penyebabnya berasal dari makanan dan juga minuman yang dikonsumsi. 

Bahkan sayuran hijau yang terkenal memiliki khasiat untuk kesehatan bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit asam urat. Lantas apa saja minuman yang bisa menyebabkan penyakit asam urat kambuh secara mendadak ? Simak penjelasan berikut ini. 

1. Milkshake

Milkshake memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Meski kandungan susu sangat bagus untuk kesehatan tubuh, namun kadar gula yang sangat tinggi bisa memperburuk kadar purin di dalam tubuh. Hal inilah yang menjadi pemicu terjadinya asam urat. 

2. Minuman Kekinian

Ada banyak sekali minuman kekinian yang sangat trend di zaman sekarang. Rata-rata minuman kekinian memiliki kadar gula yang sangat banyak sehingga minuman menjadi sangat manis. Minuman manis ternyata bisa menjadi pemicu penumpukan asam urat di area persendian tubuh.

3. Anggur Merah

Anggur merah merupakan minuman yang memiliki kandungan kadar purin yang cukup tinggi. Kadar purin yang tinggi bisa memicu penumpukan asam urat pada area persendian. 

4. Bir

Sama halnya dengan anggur merah, kadar purin di dalam bir juga sangat tinggi. Sebab bir tergolong ke dalam minuman beralkohol. Seperti diketahui, minuman beralkohol memiliki kadar purin yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit asam urat di area persendian tubuh. 

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi bisa meningkatkan resiko penyakit asam urat kambuh. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut