Penting! Ini 3 Jenis Daun Pencegah Asam Urat

Kevi Laras / Intan Eka
Daun Seledri ( foto: Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Penyakit asam urat bisa diantisipasi dengan cara herbal atau dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Banyak orang tua yang lebih memilih cara herbal untuk mengatasi asam urat seperti mengkonsumsi air rebusan daun-daun herbal.  

3 Jenis Daun Pencegah Asam Urat

Ada beberapa jenis daun-daunan yang terkenal ampuh serta memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Dibawah ini ada beberapa jenis daun yang air rebusannya bisa digunakan untuk menurunkan resiko terjadinya asam urat yang tinggi. 

1. Daun Perilla 

Daun perilia sangat terdengar asing di telinga, tetapi daun ini sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit asam urat akut. Dengan rajin mengkonsumsi daun perilia setiap hari secara teratur, bisa mengontrol konsentrasi asam urat di dalam darah. 

Daun ini juga juga memiliki banyak sekali manfaat, sehingga sangat cocok dikonsumsi setiap hari. Manfaat yang bisa didapatkan dari daun ini antara lain, bisa memperbaiki gejala asam urat, daun ini juga bisa membantu tubuh mengatasi masalah pencernaan, keracunan makanan dan sejumlah gangguan kesehatan yang umum seperti batuk, flu, serta pilek. 

2. Daun Seledri 

Air rebusan dari daun seledri bisa membantu tubuh untuk menurunkan kadar asam urat. Daun ini juga memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. 

Para peneliti menemukan bahwa biji seledri mengandung luteolin yang bisa mengurangi produksi oksida nitrat dari asam urat. Dalam studi juga menjelaskan bahwa kandungan luteolin bisa memberikan sebuah perlindungan dari peradangan akibat dari asam urat. 

3. Daun Salam 

Air rebusan daun salam ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Air rebusan daun salam sangat berkhasiat, karena bisa menurunkan kadar kolesterol dan juga asam urat yang tinggi. Selain itu kandungan flavonoid yang ada di daun salam juga bisa membantu tubuh menurunkan tekanan darah tinggi. 

Biasanya daun salam dijadikan sebagai minuman seperti teh. Daun salam juga merupakan sumber dari vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, kalsium, serta magnesium. Jika mengkonsumsi air rebusan daun salam secara teratur dipercaya bisa meningkatkan kesehatan tubuh. 

Itulah beberapa jenis daun yang bisa mencegah terjadinya penyakit asam urat. Semoga membantu.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network