get app
inews
Aa Read Next : Kabar Baik Bagi Guru Ngaji, Pemkab Jember Targertkan Oktober Bereskan Insentif

Cara Mencegah Asam Urat Tanpa Obat, Apa Saja ?

Jum'at, 17 Februari 2023 | 14:55 WIB
header img
Cara Mencegah Asam Urat Tanpa Obat, Apa Saja ? ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Asam urat merupakan radang sendi yang ditandai dengan rasa sakit secara tiba-tiba. Penyakit ini sering dialami oleh lansia atau para orang tua lanjut usia. 

Asam urat ini biasanya berlangsung sekitar lima hingga sepuluh hari. Penyakit asam urat ini lebih banyak menyerang pria daripada wanita. Untuk menurunkan asam urat ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan.

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit asam urat tanpa obat. 

1. Minum Kopi 

Kopi merupakan salah satu minuman yang disukai oleh orang Indonesia, khususnya pria. Menurut studi menemukan fakta bahwa pria yang minum 4-5 cangkir kopi per hari bisa memiliki penurunan resiko asam urat sekitar 40%. Sementara jika mengkonsumsi 6 cangkir atau lebih bisa menurunkan resiko terkena asam urat sebanyak 59%. 

2. Minum Jahe 

Mengkonsumsi jahe ternyata tak hanya bisa menghangatkan tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa jahe topika dipercaya bisa mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia) bisa diatasi dengan mengkonsumsi jahe. 

3. Pisang 

Buah pisang memiliki banyak sekali manfaat bagi penderita asam urat. Sebab buah ini memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa membantu jaringan dan juga organ di dalam tubuh berfungsi dengan baik. 

4. Konsumsi Vitamin C 

Dengan mengkonsumsi buah atau makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi ternyata bisa menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Para peneliti juga telah menyimpulkan bahwa asupan vitamin C bisa menurunkan resiko terkena asam urat sebanyak 45%. Agar tidak mudah terkena asam urat maka harus mengkonsumsi sebanyak 1.500 miligram atau lebih vitamin C setiap harinya. 

5. Minum Air Putih 

Dengan rutin mengkonsumsi air putih ternyata bisa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama bagi para penderita asam urat. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa keringat berlebih setelah berolahraga atau mandi sauna, dipercaya bisa menurunkan ekskresi asam urat pada urin. Oleh karena itu, para peneliti sangat menganjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih untuk menghindari peningkatan kadar asam urat setelah beraktivitas. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut