get app
inews
Aa Read Next : 4 Rekomendasi Soto Betawi Terlegendaris di Jakarta, Rasanya Tak Perlu Diragukan Lagi

Bonggolan, Kuliner Khas Gresik yang Nikmat

Senin, 16 Januari 2023 | 10:07 WIB
header img
Bonggolan, Kuliner Khas Gresik yang Nikmat ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Daerah Gresik merupakan daerah pesisir yang sangat berhubungan erat dengan laut. Potensi ini sangat mempengaruhi produk kuliner yang dihasilkan. Ada salah satu makanan khas Gresik yang berbahan dasar ikan, yakni Bonggolan. 

Bonggolan merupakan kuliner tradisional khas warga pesisir Gresik yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Daging ikan yang dibuat bonggolan kemudian dihaluskan dan diberi campuran tepung kanji dan juga penyedap rasa. Kemudian setelah itu bonggolan dibentuk lonjong. 

Biasanya bonggolan dinikmati dengan cara digoreng dan disajikan bersama kopi atau teh. Bonggolan dibungkus menggunakan daun pisang dan bentuknya sekilas mirip dengan lemper. Bahan utama jajanan ini adalah ikan laut asli dan juga segar, sehingga memberikan sensasi rasa yang sangat gurih dan menggugah selera. 

Biasanya jajanan ini bisa dengan mudah ditemui di daerah Gresik Utara, yakni dari Pulau Mengare, Kecamatan Bungah hingga di daerah Sidayu. Bonggolan biasanya dibanderol dengan harga Rp 6.000 hingga Rp 8.000 per bungkus. 

Saat ini, bonggolan sudah menjadi salah satu produksi lokal yang sudah dijual sebagai oleh-oleh khas Gresik Utara. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut