get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sumedang, Ada Opak Oded Hingga Salak Bongkok

Arang-Arang Kambang, Jajanan yang Kini Mulai Langka

Senin, 16 Januari 2023 | 09:44 WIB
header img
Arang-Arang Kambang, Jajanan yang Kini Mulai Langka ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Arang-arang kambang merupakan makanan yang berasal dari daerah Gresik. Kuliner satu ini terdiri dari ketan hitam, irisan pisang raja, dan tape ketan yang diberi warna hijau. Diatas arang-arang kambang diberi santan yang sebelumnya sudah diberi gula dan sedikit garam. 

Arang-arang kembang menggunakan tape ketan yang dibuat sendiri, sehingga proses fermentasinya membutuhkan waktu selama tiga hari. Konon, dalam pembuatan tape ketan harus dilakukan oleh perempuan yang suci dan tidak dalam keadaan sedang datang bulan. Hal ini akan membuat rasa tape ketan menjadi lebih enak. 

Karena proses fermentasi tape cukup lama, membuat penjual tape arang-arang kembang tidak bisa menjual kuliner ini setiap hari. Arang-arang kambang umumnya hanya bisa ditemukan di bulan Ramadhan saja. 

Penamaan arang-arang kambang dikarenakan jumlah ketan putih lebih sedikit dibandingkan dengan ketan hitam. Kuliner ini memiliki rasa yang enak dengan perpaduan manis, gurih dan juga asam yang sangat pas di lidah. Harga arang-arang kambang hanya dibanderol mulai 9 ribu saja. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut