get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Nikmatnya Chai Kue, Hidangan Masyarakat Tiongkok yang Populer di Kalimantan

Kamis, 19 Januari 2023 | 15:44 WIB
header img
Nikmatnya Chai Kue, Hidangan Masyarakat Tiongkok yang Populer di Kalimantan ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Chai Kue merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Kalimantan Barat. Jajanan ini lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama Choi Pan.

Chai Kue adalah sebuah hidangan masyarakat Tionghoa khas Kalimantan Barat. Mereka menempati daerah Kota Singkawang dan Kota Pontianak. Chai Kue memiliki rasa yang gurih dan enak meski hanya sebuah hidangan sederhana. Jajanan ini juga sering dijadikan sebagai menu sarapan bahkan cemilan saat santai bersama keluarga.

Chai Kue memiliki 2 cara penyajian, yakni dikukus dan digoreng. Kunci dari kelezatan Chai Kue terletak pada isiannya. Jika dilihat secara sekilas bentuk Chai Kue sangat mirip dengan kue pastel atau kroket, tetapi cara pengolahan kue ini ternyata sangat berbeda. Kalau pastel dan kroket digoreng terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, sedangkan Chai Kue harus dikukus sebelum disajikan.

Menurut sejarah, makanan ini merupakan hasil olahan yang dibawa oleh keturunan Tionghoa saat pergi merantau dari Tiongkok ke Indonesia. Mereka akhirnya memilih menetap di daerah Kalimantan Barat. Nama Chai Kue diambil dari bahasa Tiongkok, yaitu “ Chai “ YANG  berarti sayuran dan “ Kue” berarti kue. Jika digabungkan Chai Kue adalah kue yang berisi sayuran. Pastinya chinese food satu ini halal karena tidak mengandung daging babi.

Chai Kue atau Choi Pan dibuat dari lapisan kulit tipis yang berwarna putih. Lapisan ini terbuat dari tepung beras dan tepung maizena sehingga Chai Kue memiliki tekstur yang kenyal. Adonan awalnya berbentuk bola besar, kemudian diambil satu genggam untuk diratakan dan dicetak berbentuk lingkaran.

Kulit Chai Kue kemudian diisi dengan berbagai sayuran yang bervariasi, misalnya kucai, bengkuang. rebung, keladi dan juga kacang. Jajanan ini kerap kali dikonsumsi sebagai salah satu menu sarapan di Kota Pontianak dan Singkawang. 

Chai Kue khas Pontianak selalu menggunakan isian bengkoang yang diiris tipis memanjang seperti korek api. Untuk menambah rasa gurih, biasanya penjual akan menambahkan ebi dan bawang putih diatas adonan. Rasa gurih dan aroma khas bawang putih sangat terasa di setiap gigitan sehingga menambah kelezatan pada makanan ini. Harga Chai Kue pun sangat terjangkau, sebiji jajanan ini hanya dibanderol dengan harga Rp. 1500 saja.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut