get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

5 Rekomendasi Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Haid

Kamis, 23 Februari 2023 | 15:16 WIB
header img
5 Rekomendasi Makanan yang Cocok Dikonsumsi saat Haid ( Foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Selain masalah hormon, menstruasi tidak lancar bisa dipengaruhi oleh faktor lainnya. Contohnya adalah asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Menurut para ahli, ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi selama menstruasi atau haid bisa mencegah pembengkakan, perut kembung, perubahan suasana hati dan masih banyak lagi.Dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat ternyata sangat berpengaruh terhadap kelancaran haid.Mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi bisa mencegah sindrom pramenstruasi (PMS) yang kurang nyaman.

Berikut ada 5 makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama masa menstruasi.

1. Dark coklat

Makanan ini sangat tinggi antioksidan dan juga magnesium. Dark coklat sendiri sangat baik dikonsumsi selama masa haid sebab makanan ini bisa membuat suasana hati seseorang bisa lebih baik.

2. Jeruk

Buah ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat menstruasi. Serat dan vitamin C yang terkandung didalam jeruk bisa menjaga suasana hati dan perut kembung. Jeruk juga dipercaya sebagai anti-mual yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

3. Semangka

Semangka memiliki kandungan gula alami yang bisa digunakan untuk menjaga suasana hati. Selain itu, semangka dipercaya bisa mencegah perut kembung yang sering terjadi saat menstruasi.Buah ini juga memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Kandungan air ini berfungsi untuk menghidrasi tubuh agar tidak kekurangan cairan.

4.Telur

Telur mengandung zat besi, vitamin B, asam lemak esensial,dan juga protein yang sangat baik untuk mengatasi pra-menstruasi. Namun jika perut sedang sensitif hindari mengkonsumsi telur, sebab makanan ini bisa menghasilkan gas yang bisa membuat perut menjadi kembung dan mulas.

5. Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak Omega-3. Dengan adanya kandungan tersebut, kram di area perut bisa teratasi dengan baik selama masa haid. Selain itu, kandungan Omega-3 di dalam ikan salmon juga bermanfaat bagi kesehatan otak.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut