get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Rambut Sering Rontok ? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini!

Rabu, 22 Februari 2023 | 10:43 WIB
header img
Rambut Sering Rontok ? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini! (foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Kebanyakan orang menginginkan rambut yang kuat dan sehat. Selain dari faktor genetik, faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut seseorang. Beberapa faktor yang bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut yakni usia, kebugaran, genetika, lingkungan dan lain-lain.

Meski tam bisa mengubah faktor genetik dan usia, ada satu faktor yang mungkin bisa dikendalikan seperti diet. Vitamin dan mineral dari makanan bisa menjadi peran penting dalam siklus pertumbuhan folikel rambut dan juga pergantian terhadap sel di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang kurang bernutrisi ternyata bisa membuat rambut cepat rontok. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin B12, vitamin D, biotin, riboflavin,zat besi dan nutrisi lainnya bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Untuk itu tubuh perlu mengkonsumsi makanan yang seimbang dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi agar pertumbuhan rambut bisa meningkat.

Berikut ini ada 5 makanan yang bisa membantu tubuh mempercepat proses pertumbuhan rambut.

1. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan lemak yang sehat. Alpukat juga dipercaya sebagai sumber vitamin E yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Seperti halnya vitamin C, vitamin E merupakan antioksidan yang bisa mencegah stress oksidatif dengan menetralkan radikal bebas di dalam tubuh.

2. Telur 

Telur merupakan sebuah sumber protein dan biotin yang sangat bagus untuk tubuh. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan rambut di dalam tubuh.

Mengkonsumsi makanan berprotein ternyata sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan folikel rambut. Sebagian besar folikel rambut manusia terbuat dari protein. Sebaliknya jika tubuh kekurangan protein ternyata bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

Seperti yang diketahui biotin sangat penting untuk memproduksi protein rambut seperti keratin. Hal inilah yang bisa menyebabkan suplemen biotin sering dipasarkan untuk membantu pertumbuhan rambut..

3. Berry

Berry sarat akan senyawa dan vitamin yang bisa mendukung pertumbuhan pada rambut.Buah berry dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan tersebut bisa membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan yang diakibat oleh radikal bebas.

4. Bayam

Bayam adalah salah satu tumbuhan hijau yang memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat seperti folat,zat besi,vitamin A,dan vitamin C. Dimana kandungan tersebut sangat diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan rambut.

Studi menunjukkan jika vitamin A bisa mempercepat proses pertumbuhan rambut. Namun, jika kelebihan mengkonsumsi vitamin A bisa menyebabkan kerontokan parah pada rambut.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber beta-karoten yang sangat bagus untuk tubuh. Tubuh akan mengubah senyawa ini menjadi vitamin A yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Penelitian menyebutkan jika vitamin A sangat berpengaruh terhadap produksi sebum yang bisa menjaga kesehatan rambut. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut