get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sumedang, Ada Opak Oded Hingga Salak Bongkok

Sabtu, 25 Februari 2023 | 15:19 WIB
header img
5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sumedang, Ada Opak Oded Hingga Salak Bongkok ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Oleh-oleh merupakan sesuatu barang atau makanan yang sering dibawakan oleh kerabat atau keluarga setelah pergi berkunjung ke suatu daerah. Contohnya, ketika berkunjung ke daerah Sumedang, Jawa Barat pastinya ada beberapa kuliner khasnya yang bisa dijadikan oleh-oleh saat pulang. 

Sumedang terkenal dengan nama Kota Tahu. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan memborong oleh-oleh khas dari daerah ini. Berikut ada 5 rekomendasi makanan khas dari Sumedang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. 

1. Opak Oded

Sumedang memiliki camilan tradisional yang bernama opak Oded. Opak ini terbuat dari campuran beras ketan dan juga kelapa, sehingga memiliki rasa yang sangat gurih serta bertekstur renyah. Jika penasaran dengan opak yang satu ini, bisa mengunjungi daerah Conggeang dan Cimanggung yang merupakan pusat pembuatan opak ketan.

2. Tahu Sumedang

Sama dengan julukannya yakni Kota Tahu, Sumedang memiliki makanan favorit yang khas, yakni Tahu Sumedang. Tahu ini bertekstur renyah, tetapi di bagian dalamnya agak kopong. Tahu sumedang memiliki citarasa yang gurih dan cocok disantap menggunakan lontong. 

Disepanjang jalan di Sumedang, wisatawan bisa dengan mudah menemukan penjual tahu ini. Biasanya para penjual tahu Sumedang menggunakan kemasan berbentuk keranjang yang terbuat dari anyaman bambu. 

3. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu merupakan salah satu makanan khas dari daerah ini. Ubi Cilembu juga sering disebut sebagai ubi madu, sebab memiliki citarasa yang manis serta legit mirip dengan madu. Ubi Cilembu biasanya dijual satu kios dengan tahu Sumedang dan oleh-oleh khas lainnya. 

4. Salak Bongkok

Selanjutnya ada salak Bongkok yang berasal dari Desa Bongkok, Paseh, Sumedang. Hal inilah yang menjadi dasar penamaan salak ini. Salak Bongkok sedikit berbeda dengan salak lainnya, daging buah salak bongkok lebih tebal dan manis. Salak ini sering diborong wisatawan sebagai oleh-oleh khas Sumedang

5. Sawo Citali

Terakhir ada sawo Citali, yang berasal dari Desa Sukatali di Kecamatan Situraja, Sumedang. Bentuk sawo ini cukup berbeda, namun tetap memiliki rasa yang sangat manis. Selain memiliki rasa yang manis, sawo Citali memiliki tekstur daging yang sangat lembut. Jika membeli sawo jenis ini pilihlah yang sudah berwarna coklat tua atau yang sudah matang dan tidak bergetah. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut