get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sumedang, Ada Opak Oded Hingga Salak Bongkok

Kenali 3 Makanan Pemicu Usus Buntu, Nomor 1 Sering Dikonsumsi

Sabtu, 07 Januari 2023 | 08:37 WIB
header img
Kenali 3 Makanan Pemicu Usus Buntu, Nomor 1 Sering Dikonsumsi ( foto : istimewa )

JEMBER,iNewsJember.id - Penyakit Usus Buntu merupakan sebuah peradangan yang terjadi di daerah usus buntu atau apendiks. Seseorang yang mengalami penyakit ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti infeksi cacing atau parasit, usus tersumbat oleh feses, mengalami cedera pada perut, dan juga pembesaran kelenjar getah bening di dinding saluran pencernaan.

Selain itu, dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu juga dapat memicu terjadinya peradangan terhadap usus buntu. Yuk simak apa saja makanan yang perlu dihindari!

1. Makanan Pedas

Biji cabai ataupun paprika dalam makanan pedas bisa berpotensi menyebabkan penyakit usus buntu. Karena, biji ini tidak hancur serta bisa memicu penyumbatan di usus. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan peradangan di usus buntu.

Efek makanan pedas memang tidak langsung terasa, tetapi bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan, seperti sakit perut ,diare, dan lain-lain. Rasa nyeri akibat usus buntu sangat berbeda dengan sakit perut biasa. Usus buntu biasanya ditandai dengan sakit perut bagian kanan bawah hingga area tulang dada dan juga pusar, juga ditandai dengan rasa mual yang berlebihan.

2. Makanan Rendah Serat

Makanan dengan kandungan serat yang sedikit juga bisa menjadi pemicu terjadinya usus buntu. Salah satunya adalah makanan cepat saji atau junk food. Makanan seperti ini bisa menyebabkan sembelit atau sulit buang air besar, karena feses akan mengeras. Pengerasan feses bisa menjadi salah satu pemicu adanya penyumbatan di usus dan juga peradangan pada usus buntu.

Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan. dengan tinggi serat sangat diperlukan. Contoh makanan yang tinggi serat antara lain buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

3. Makanan yang Tidak Bisa Halus

Penyumbatan pada usus juga bisa terjadi akibat makananan yang tidak bisa halus saat mengunyah. Potongan makanan yang tidak halus bisa memblokir rongga di sepanjang usus buntu.Hal inilah yang dapat memicu terjadinya peradangan, pembengkakan dan juga pembentukan nanah di dalam sistem pencernaan. Jika tidak segera dikeluarkan ini bisa menyebabkan usus buntu pecah dan menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh.

Itulah makanan yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada usus buntu. Semoga membantu.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut