get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Kini Serangan Siber Berkedok Game Online Telah Menyebar Hingga Indonesia

Fakta Menarik Kue Lumpur, Ternyata Sudah ada Sejak Masa Penjajahan

Kamis, 29 Desember 2022 | 21:56 WIB
header img
Kue Lumpur, Ternyata Berasal dari Portugis ( foto: istimewa )

JEMBER, iNews.id - Kue lumpur merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang biasanya dijual di pasar tradisional. Kue ini pertama kali dibuat di daerah Betawi. 

Namun siapa sangka, jajanan yang tergolong jenis kue basah ini menurut beberpa sumber ternyata berasal dari Eropa, yakni Portugis. Kue ini dibawa oleh bangsa Portugis saat menjajah Indonesia. Di Portugis kue ini disebut Pasteis de Nata. Adonan kue lumpur berasal dari campuran kentang, tepung terigu, gula, dan telur.

Kue lumpur termasuk ke dalam golongan jajanan basah, yang berarti kue ini tidak akan bisa bertahan lama atau mudah basi jika menyimpan di suhu ruang dalam jangka waktu yang lama. 

Biasanya kue lumpur diberi topping berupa taburan buah kismis di atas adonan atau bisa juga diberi taburan keju parut agar cita rasa kue lumpur semakin nikmat. 

Gizi yang terkandung dalam kue lumpur antara lain karbohidrat yang berasal dari kentang, protein diperoleh dari protein tepung yang merupakan salah satu sumber protein nabati dan juga dilengkapi dengan protein hewani dari telur. Lemak pada kue lumpur bisa didapatkan dari santan. 

Kue lumpur bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional dengan harga yang murah dan terjangkau. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak keras. Sehingga bisa dikonsumsi oleh segala usia.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut