get app
inews
Aa Read Next : Kembang Goyang, Jajanan Jadul yang Terinspirasi dari Pengantin Jawa

Gethuk, Cemilan Manis Khas Magelang

Rabu, 04 Januari 2023 | 11:31 WIB
header img
Gethuk, Cemilan Manis Khas Magelang ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Gethuk merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari bahan dasar singkong. Makanan ini bisa dijadikan sebagai menu sarapan, karena kandungan karbohidrat yang terkandung di dalam cemilan ini cukup tinggi.

Konon makanan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Makanan ini dibuat pertama kali di Magelang, Jawa Tengah dan hingga saat ini Magelang terkenal sebagai “ Kota Gethuk “. Pada zaman dulu bahan pokok seperti beras sangat langka, sehingga masyarakat memanfaatkan singkong sebagai bahan utama pengganti beras. 

Dulu ada salah satu penduduk di desa Karet, Magelang bernama Ali Mohtar mencoba berinovasi membuat makanan dari olahan singkong. Ia mencoba mencampurkan singkong kukus yang telah dihaluskan dengan gula merah, sehingga terciptalah gethuk lindri. Sebelum dihidangkan biasanya diatas gethuk diberi taburan parutan kelapa. Gethuk memiliki citarasa yang manis dan gurih, sehingga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. 

Nama gethuk diambil dari kegiatan menumbuk singkong yang berbunyi “ tuk-tuk”. Ada juga yang mengatakan nama gethuk berasal dari singkatan “ pas digigit manthuk-manthuk “. Manthuk-manthuk menandakan makanan tersebut enak. 

Panganan yang terbuat dari singkong ini memiliki makna kesederhanaan. Gethuk ini memberikan sebuah pembelajaran kecil tentang rasa syukur atas apa yang Tuhan berikan. 

Seiring dengan perkembangan zaman, gethuk sudah banyak dikreasikan seperti gethuk original, gethuk lindri, gethuk gulung, gethuk goreng, gethuk ubi, dan masih banyak lagi. Sehingga kini gethuk memiliki nilai jual yang tinggi, dan juga cemilan ini sangat cocok dikonsumsi di segala acara. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut