get app
inews
Aa Read Next : Penyakit Moncong Putih di Blitar Jadi Penyebab Petani Ikan Alami Kerugian Besar-besaran

6 Surga Tersembunyi di Sumenep, Ada Pulau Gili Bidadari

Jum'at, 23 Desember 2022 | 17:22 WIB
header img
Pulau Gili Labak, Talango , Sumenep ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Sumenep merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Sumenep juga terdiri dari berbagai pulau kecil yang sangat cantik. Bahkan salah satu pulau dari Sumenep pernah menjadi destinasi wisata yang mendunia. 

Ada 6 wisata yang terletak di pulau-pulau kecil Kabupaten Sumenep. Wisata ini sangat cantik seperti surga tersembunyi di pulau Madura. Berikut 6 wisata di Kabupaten Sumenep yang diburu wisatawan. 

1. Pulau Giliyang

Pulau ini berlokasi di Kecamatan Dungkek,Kabupaten Sumenep, Madura. Pulau giliyang merupakan pulau yang memiliki kualitas udara paling sehat di Dunia. Pulau ini memiliki kadar oksigen tertinggi kedua di Dunia. 

Pulau ini memiliki pantai pasir putih yang sangat bersih serta ombak yang tenang. Selain menikmati keindahan pemandangan pantai, wisatawan juga bisa melakukan snorkeling ataupun berenang di sekitar area pantai. Pulau ini berjarak 30,7 kilometer dari pusat Kota Sumenep.

2. Pulau Gili Genting

Pulau Gili Genting berlokasi di Kecamatan Giligenting, Sumenep. Pulau ini juga memiliki pantai yang sangat bersih juga alami. Pulau ini memiliki dua pantai, yaitu pantai Kahuripan yang berada di Desa Gedungan dan Pantai Sembilan berada di Desa Bringsang.  

Kedua pantai ini memiliki fasilitas yang cukup banyak, misalnya ATV, banana boat, wisatawan juga bisa mendirikan camping di sekitar pantai.

3. Pulau Gili Labak

Pulau Gili Labak memiliki pantai yang bebas polusi. Air di pantai ini berwarna kebiru-biruan, dan juga jernih serta bersih. Dengan air pantai yang jernih wisatawan bisa melakukan snorkeling, sehingga dapat melihat area terumbu karang yang sangat cantik dibawah laut. Untuk ke pulau kecil ini, wisatawan harus menyewa perahu dengan biaya sekitar Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu. 

4. Pulau Sapeken

Pulau Sapeken merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Sumenep, Madura. Pulau ini terletak di ujung sebelah timur. Dan untuk mengunjungi pulau ini memerlukan waktu yang lama. Meski memiliki jarak tempuh yang sangat jauh, wisatawan akan dibuat terpesona dengan panorama alam yang disajikan saat perjalanan. Pulau Sapeken terletak di Desa Sapeken, Kecamatan Sapeken, Sumenep. Pulau ini memiliki luas yang relatif kecil. 

5. Pulau Mamburit

Pulau Mamburit memiliki keindahan yang tak kalah cantiknya dengan Lombok serta Bunaken. Pulau ini terletak di kawasan Kepulauan, Kangean Sumenep. Pulau ini memiliki pasir putih serta air laut yang sangat jernih. Pantai di Pulau Mamburit juga memiliki terumbu karang yang sangat cantik dan masih terjaga, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai zona diving dan snorkeling. 

6. Pulau Gili Bidadari

Gili Bidadari merupakan salah satu pulau yang terletak di Kecamatan Giligenting. Masyarakat menyebut pulau ini sebagai pulau Gili Gilingan. Pulau Gili Bidadari hanya dihuni oleh beberapa kepala keluarga saja. Konon Pulau ini disebut sebagai Gili Bidadari karena jumlah penduduk didominasi oleh perempuan. Tak hanya itu saja, Pulau ini juga memiliki pantai dengan pasir putih yang cantik. Dengan air pantai yang jernih dan bening. Penduduk setempat selain menjadi nelayan juga menjadi pengolah ikan teri. 

Nah itulah keenam pulau di Kabupaten Sumenep yang memiliki wisata yang sangat Indah. Ada yang ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di atas ?

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut