get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

3 Nama Desa Terunik di Madura, Salah Satunya Desa Pocong

Selasa, 28 Februari 2023 | 14:55 WIB
header img
3 Nama Desa Terunik di Madura, Salah Satunya Desa Pocong ( Foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Pulau Madura yang berada di Provinsi Jawa Timur memiliki 4 kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang. Pamekasan, dan Sumenep. Dari keempat kabupaten ini terdapat beberapa nama desa unik serta lucu di Pulau Madura ini. 

Berikut kumpulan nama desa yang unik di Madura.

1. Desa Toket

Desa toket terletak di daerah Madura, lebih tepatnya di daerah kecamatan Proppo,Kabupaten Pamekasan. Penamaan desa ini sedikit vulgar sebab toket merupakan nama lain dari payudara. 

Meski terbilang vulgar, desa ini merupakan sentra batik terbesar di kota gebang salam. Gebang Salam sendiri adalah gerakan masyarakat Pamekasan agar masyarakat memiliki sikap yang islami.

2. Desa Pocong

Desa ini terletak di daerah Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan. Menurut cerita yang beredar, penamaan desa ini berdasarkan peristiwa penemuan pocong pada zaman dahulu. Peristiwa ini tentunya membuat masyarakat sekitar ketakutan. Konon peristiwa ini terjadi hampir tiap malam dan biasanya berkeliling di desa saat desa masih belum berpenghuni.

3. Desa Kolor

Desa kolor merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep. Kolor memiliki arti celana dalam jika diterjemahkan dalam bahasa Jawa. Sedangkan jika diterjemahkan ke dalam bahasa Madura, kolor berarti nama buah sukun yang masih muda. Tak ada yang tahu secara pasti kenapa daerah tersebut diberi nama Kolor. Meski begitu nama desa Kolor juga dijadikan nama lembaga pendidikan yang berada di wilayah kabupaten Sumenep seperti SDN Kolor dan masih banyak lagi.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut