get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Nikmatnya Suwar-Suwir, Ikon Khas Kota Jember

Sabtu, 28 Januari 2023 | 12:52 WIB
header img
Nikmatnya Suwar-Suwir, Ikon Khas Kota Jember ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Suwar-Suwir merupakan jajanan khas dari daerah Jember, Jawa Timur, Suwar Suwir sendiri terbuat dari tape, gula, dan tepung. Adonannya sangat mirip dengan dodol, tetapi memiliki tekstur yang lebih padat. Tak hanya itu, ketika digigit jajanan ini sangat lembut dan lumer di lidah. 

Suwar-Suwir memiliki rasa legit, manis bercampur dengan sedikit masam. Jika dirasakan selintas mirip dengan mencicipi tape. Kudapan ini berbentuk kotak-kotak kecil memanjang menyerupai balok yang mini. Warnanya pun sangat beraneka ragam, yakni ada hijau, coklat, putih, hingga merah. 

Cemilan suwar-suwir sangat cocok untuk dijadikan teman minum teh sambil berkumpul dengan keluarga. Makanan ini juga tak mengenyangkan karena hanya sebesar seukuran jempol orang dewasa. 

Jajanan ini memiliki berbagai variasi rasa buah seperti rasa sirsak dan stroberi. Lalu ada rasa pandan, kopi, coklat dan juga vanila. Pada awalnya, suwar-suwir hanya memiliki rasa coklat dan vanila saja. Sejak tahun 2000-an, pengusaha suwar-suwir mulai memproduksi kudapan ini dengan berbagai macam rasa dan warna yang menarik. 

Konon, makanan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Meski memiliki ukuran kecil dan manis, suwar-suwir telah menjadi ikon oleh-oleh khas Jember.Jajanan ini pun masih tetap bertahan hingga saat ini. 

Untuk harga suwar-suwir dipatok sekitar Rp 15.000 - Rp 20.000 per kilogram. Dalam setiap rasa memiliki harga yang berbeda, seperti original seharga Rp 15.000 per kilogram, sedangkan rasa buah dipatok Rp 20.000 per kilogram. 

Penjual oleh-oleh khas Jember berada di Jalan Raya Gajah Mada. Di sepanjang jalan terdapat beberapa pilihan toko yang menjual oleh-oleh khas dari Jember. Ada beberapa pilihan toko yang berada di jalan tersebut, yaitu Toko Sumber Madu dan Toko Slamet. Tetapi toko yang paling ramai dikunjungi oleh pengunjung adalah Toko Primadona yang terletak di dekat Pasar Tanjung Jember. 

Kota Jember disebut sebagai Kota Tape, karena semua oleh-olehnya berbahan dasar tape singkong. Oleh-oleh lain yang berasal dari Jember adalah prol tape yang merupakan sejenis cake yang diberi tape di dalam adonannya. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut