get app
inews
Aa Read Next : Unik! Inilah 3 Destinasi Wisata di Papua yang Wajib Dikunjungi

Lembah Baliem, Distrik dengan Keindahan yang Memukau

Senin, 12 Desember 2022 | 22:42 WIB
header img
Lembah Baliem di Lereng Pegunungan (foto: Istimewa)

JEMBER.iNews.id - Lembah Baliem merupakan salah satu pemukiman masyarakat yang berada di pegunungan Jayawijaya, Papua. Pemukiman ini berada di ketinggian sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Masyarakat yang mendiami Lembah Baliem ini merupakan Suku Dani, Yali, dan Lani. Di lembah ini terdapat banyak sekali perkampungan dengan satu kota kecil, yakni Kota Wamena. 

Pemandangan kampung sangat memukau dan indah. Dengan pegunungan yang membentang, dikelilingi dengan hutan pinus yang luas, ladang-ladang penduduk, padang rumput, serta padang ilalang yang tinggi. Udara disini masih sangat sejuk serta terhindar dari polusi udara.

Di daerah ini, ada beberapa tempat yang sudah maju. Terbukti dengan keberadaan gedung-gedung sekolah dan tempat ibadah yang cukup baik. Masyarakat di Lembah ini juga sangat menghargai tradisi serta budaya yang ada. Terdapat jembatan tali yang digunakan masyarakat sebagai satu - satunya akses darat jika ingin pergi ke kota. 

Di bawah lereng pegunungan ini terdapat banyak sekali pemukiman penduduk. Jika dilihat dari jauh rumah penduduk Papua sama seperti gundukan-gundukan berwarna coklat. Tetapi jika sudah mendekat ke pemukiman warga, wisatawan akan melihat secara langsung seberapa megah dan uniknya rumah honai. 

Rumah honai merupakan sebuah arsitektur khas dari Lembah Baliem. Berbentuk bulat, yang dibuat dari papan kayu. Atap rumah berupa ilalang pilihan yang biasanya disebut siluk. Penduduk menggunakan rumah honai ini sebagai hunian mereka.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut