get app
inews
Aa Read Next : Mirip India, Jembatan Akar Bayang jadi Destinasi Wisata Viral di Sumatera Barat

Pesona Lembah Harau yang Sangat Eksotis

Rabu, 11 Januari 2023 | 15:17 WIB
header img
Pesona Lembah Harau yang Sangat Eksotis ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Lembah Harau merupakan salah satu lembah subur yang terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lembah Harau diapit oleh dinding curam dengan ketinggian 100-200 meter.

Lembah Harau memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis. Di sekitar lembah juga terdapat beberapa bukit, yakni Bukit Air Putih Jambu, Bukit Singkarak, dan Bukit Tarantang. Di dekat Lembah Harau terdapat banyak sekali tempat wisata, seperti air terjun, kolam renang hingga Harau Dream Park. 

Lembah Harau berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lokasi ini berjarak sekitar 138 kilometer dari Kota Padang, 47 kilometer dari Bukittinggi, 18 kilometer dari Payakumbuh, dan 2 kilometer dari pusat Kabupaten Lima Puluh Kota. Kompleks wisata Lembah Harau sangat mudah ditemukan. 

Nama Lembah Harau diambil dari kata “ parau ” yang berarti suara serak. Dulu penduduk lokal yang tinggal di Bukit Jambu sering mengalami banjir dan longsor yang menimbulkan kegaduhan dan juga kepanikan masyarakat. Setiap ada banjir dan tanah longsor, penduduk akan berteriak histeris sehingga menimbulkan suara parau.

Karena penduduknya bersuara parau, maka daerah ini dikenal dengan nama  “ orau “. Lambat laun daerah ini dikenal dengan nama “ Harau “. Secara geologi Lembah Harau diyakini sebagai sebuah lautan. Hal ini didukung dengan banyaknya endapan yang ditemukan. Selain itu, batuan yang berada di perbukitan Lembah Harau merupakan batuan breksi dan konglomerat. Kedua batuan ini merupakan jenis batu yang umumnya hanya berada di dasar lautan saja. 

Lembah Harau dijuluki sebagai Lembah Yosemite dan menjadi salah satu lembah terindah di Indonesia. Dijuluki Lembah Yosemite karena mirip dengan keindahan Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada California yang sangat terkenal itu. 

Lembah ini juga memiliki air terjun yang sangat indah dan diberi nama Bunta Waterfall atau yang dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Sarasah Bunta. Air terjun ini mengalirkan air tawar yang sangat segar dari daerah dataran tinggi. Disebut Air Terjun Bunta, karena air terjun ini seperti untaian indah apabila terpancar oleh sinar matahari. 

Selain itu, Lembah Harau terdiri dari tiga kawasan, yakni Resort Aka Barayun, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. Resort Aka Barayun memiliki sebuah air terjun dan juga kolam renang yang bernuansa alam, sehingga terlihat sangat asri. Kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah penginapan. 

Untuk memasuki kawasan Lembah Harau, wisatawan hanya perlu membayar Rp 20.000, jika ingin mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya yang ada di Lembah Harau wisatawan hanya perlu membayar Rp 40.000.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut