get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Unik! Inilah 3 Destinasi Wisata di Papua yang Wajib Dikunjungi

Sabtu, 04 Februari 2023 | 11:08 WIB
header img
Danau Rombebai ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Indonesia bagian Timur memang memiliki keindahan alam yang telah mendunia, khususnya daerah Papua. Kawasan ini banyak menyimpan destinasi wisata yang menakjubkan. Karena keindahannya, destinasi ini sering disebut sebagai potongan surga yang tersembunyi.

3 Destinasi Wisata di Papua yang Wajib Dikunjungi

Pulau Papua memiliki banyak sekali lokasi wisata yang sangat menarik dan wajib dikunjungi jika melancong ke pulau ini. Berikut ada beberapa destinasi di Papua yang terkenal dengan keindahannya. 

1. Danau Rombebai

Danau Rombebai berada di tepi Sungai Mamberamo, yang masih termasuk bagian dari Kecamatan Mamberamo Hilir, Kabupaten Mamberamo Raya, Provinsi Papua. 

Danau ini memiliki luas sekitar 13.749 ha, dan menjadi danau terluas serta terbesar kedua setelah Danau Sentani. Rombebai sangat berdekatan dengan aliran Sungai Mamberamo yang hanya berjarak 20 kilometer dari Samudera Pasifik. 

Pemandangan di sekitar kawasan ini sangat indah. Alamnya masih sangat terjaga, apalagi dilengkapi dengan perbukitan yang dipenuhi oleh rerumputan hijau nan segar. Di lokasi ini banyak sekali spot menarik untuk berfoto dengan latar belakang Danau Rombebai yang cantik, alami dan juga mempesona. 

Saat sore tiba, wisatawan bisa melihat secara langsung pemandangan matahari terbenam atau ( sunset ) yang sangat indah. Yang didukung oleh suasana alam Danau Rombebai yang menawan. 

2. Teluk Doreri

Destinasi kedua ada Teluk Doreri yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Ada tiga pulau yang ada di Teluk Doreri yakni Pulau Mansinam, Pulau Raimuti, dan Pulau Lemon. Ketiga pulau ini memiliki terumbu karang yang sangat alami, indah serta unik. 

Di ketiga pulau ini terdapat sekitar 20 bangkai kapal bekas Perang Dunia ke-2, yang semakin membuat kawasan ini menarik. Wisatawan bisa melihat dengan jelas 5 kapal bekas perang yang karam di kawasan ini, seperti kapal Pasir Putih Wreck ( kapal patroli angkatan laut yang memiliki panjang antara 13-22 meter ), Pillbox Wreck ( kapal kargo komersial pembawa amunisi dengan panjang sekitar 9-16 meter ), Cross Wreck ( kapal patroli ), Mupi Wreck, dan Shinwa Maru ( kapal kargo ).

Bangkai kapal-kapal yang karam tepat berada di dasar laut sehingga bisa menjadi spot tersendiri ketika melakukan aktivitas snorkeling atau diving.  

3. Pulau Mansuar

Pulau Mansuar menjadi salah satu kawasan yang sangat mempesona di Raja Ampat. Pulau ini tepat berada di kawasan Provinsi Papua Barat. Pulau Mansuar memiliki hamparan pasir putih serta pemandangan alam yang sangat cantik dan bisa memanjakan mata wisatawan. 

Pulau Mansuar memiliki daya tarik tersendiri, yakni terdapat gundukan pasir yang timbul ditengah laut. Hal ini semakin membuat wisatawan betah berlama-lama di pulau ini. 

Selain itu, pulau ini juga dikelilingi oleh perairan bergradasi warna biru yang memukau dan berpadu dengan rona langit kemerahan saat menjelang sunset. Keindahan wisata di sekitar gumuk pasir seakan terlihat persis dengan lukisan. 

Di kawasan pulau terdapat beberapa resort-resort yang cocok untuk dijadikan staycation bersama keluarga atau orang tersayang saat menghabiskan waktu liburan di kawasan Raja Ampat ini. 

Keindahan wisata di Papua memang tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi. Sebab destinasi wisata disana bagaikan kepingan surga yang jarang ditemui di kawasan manapun. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut