get app
inews
Aa Read Next : Unik! Inilah 3 Destinasi Wisata di Papua yang Wajib Dikunjungi

Base G, Surga Tersembunyi di Tengah Kota Jayapura

Senin, 16 Januari 2023 | 15:01 WIB
header img
Surga Tersembunyi di Tengah Kota Jayapura ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Pantai Base G merupakan salah satu wisata unggulan dari kota Jayapura. Lokasi pantai ini masih termasuk wilayah kota, pantai ini juga menyuguhkan keindahan alam yang jarang dimiliki oleh pantai-pantai lainnya.

Pantai Base G terletak di sebelah Barat Kota Jayapura, Papua. Pantai ini berjarak hanya sekitar 10 kilometer dari Kota Jayapura atau bisa ditempuh hanya dengan 20 menit perjalanan. 

Sebenarnya pantai ini memiliki nama Pantai Tanjung Ria, namun masyarakat lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Base G. Pantai ini juga menjadi saksi sejarah Perang Dunia ke II yang terjadi pada tahun 1944, dimana waktu itu pasukan sekutu mendirikan basis militer di sekitar kawasan pantai ini dengan nama Base G Camp, sehingga masyarakat sekitar menyebut pantai ini sebagai Pantai Base G. 

Pantai Base G papua memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa dengan panorama yang indah, alami dan juga asri. Hamparan pasir putih nan lembut dengan deburan ombak yang tak terlalu besar menjadikan tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang sedang mencari ketenangan untuk melepas segala rasa stress. Apalagi jika wisatawan mengunjungi pantai ini saat pagi hari, panorama matahari terbit akan memanjakan siapapun yang melihatnya. Tak hanya itu saja, air yang jernih kebiruan akan ikut memantulkan keindahan matahari pagi yang berwarna keemasan.

Dibandingkan dengan pantai lainnya, Pantai Base G memiliki ombak yang sedikit besar karena berhadapan langsung dengan samudra Pasifik. Namun, wisatawan tak perlu khawatir pihak pengelola sudah memasang pemecah karang sekitar satu kilometer dari bibir pantai untuk mengurangi besarnya ombak yang datang. Terlihat dari kejauhan garis pantai yang panjang yang landai dengan air laut berwarna kebiruan, menambah keindahan Pantai Base G.

Dengan berbagai keindahan yang ditawarkan, tak heran jika Pantai Base G selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain menikmati suasana pantai yang indah dan menawan, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, mengelilingi pantai menggunakan perahu, memancing, atau bahkan menyelam. Disana juga telah disediakan pondok-pondok yang dilengkapi dengan bangku. Selain itu banyak sekali pepohonan di sekitar pantai yang bisa digunakan wisatawan sebagai peneduh dari panas sinar matahari. 

Jika ingin memasuki wisata ini, wisatawan hanya dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 50.000 untuk kendaraan roda empat. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut