get app
inews
Aa Read Next : 4 Pulau Kecil di Indonesia Cocok Dijadikan Destinasi Wisata

5 Destinasi Wisata di Bima yang Wajib Dikunjungi

Sabtu, 28 Januari 2023 | 09:15 WIB
header img
5 Destinasi Wisata di Bima yang Wajib Dikunjungi ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Bima menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten Bima terletak di wilayah timur dari pulau Sumbawa. Daerah ini banyak sekali menyimpan potensi destinasi wisata yang tak kalah mempesona dadi wilayah Indonesia.

Terdapat banyak sekali tempat wisata yang ada di Bima, mulai dari pantai, pegunungan, hingga destinasi alam lainnya. Keindahan ini mampu menjadikan Bima lebih dikenal oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Dibawah ini ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bima.

1. Gunung Tambora

Bagi wisatawan yang menyukai petualangan, Gunung Tambora bisa dijadikan sebagai referensi wisata jika berkunjung ke Bima. Daerah ini terletak di Jalan Kawinda Toi, Kecamatan Tambora, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Gunung Tambora memiliki gunung yang sangat sejuk dan alami. Dipastikan di lokasi ini wisatawan akan betah untuk berlama-lama menikmati keindahan pemandangan yang ada. 

Terlebih lagi, lokasi Gunung Tambora sering dijadikan sebagai tempat festival Tambora yang sering diadakan oleh pemerintah dan juga masyarakat sekitar. Festival ini menyuguhkan kegiatan pameran budaya dan juga kesenian dari wilayah Nusa Tenggara Barat.

2. Cagar Budaya Uma Lengge

Di wilayah Bima terkenal akan keberagaman budaya yang masih terjaga sampai saat ini. Keberagaman ini bisa dinikmati dengan mengunjungi daerah wisata Cagar Budaya Uma Legge yang berada di Jalan Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

Disana juga terdapat pelestarian dari kebudayaan asli dari Nusa Tenggara Barat yang terlihat dari rumah - rumah adatnya yang unik dan menakjubkan.

3. Bukit Pundu Nence

Kawasan Bukit Pundu Nence berada di daerah ketinggian, sehingga keindahan alam yang berada di sekitarnya mampu memukau mata wisatawan. Seperti langit yang berwarna biru cerah disertai dengan jajaran pegunungan yang sangat asri.

Dibagian ada bukit, terdapat sebuah peninggalan paling bersejarah dari Kerajaan Bima di masa lampau. Yakni berupa beberapa meriam kerajaan yang dulunya sering digunakan sebagai senjata pertahanan saat perang melawan musuh. Bikit Pundu Nence berada di Jalan Ntoke, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat

 

4. Pulau Kelapa

Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi ketika berada di Bima adalah Pulau Kelapa. Pulau ini memiliki beberapa wilayah perbukitan yang sangat hijau dengan hamparan laut yang biru, sehingga mampu memukau mata wisatawan. Pulau Kelapa berada di Jalan Nggelu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. 

Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Di lokasi ini wisatawan bisa melakukan aktivitas air seperti snorkeling sambil menikmati keindahan laut yang mempesona.Selain itu wisatawan juga bisa melakukan hiking di kawasan perbukitan yang masih alami. Untuk sampai di lokasi perbukitan, wisatawan bisa menggunakan transportasi laut.

5. Pantai Kalaki

Pantai ini masih berada di wilayah Kabupaten Bima. Akses menuju lokasi ini masih terbilang cukup mudah. Pantai ini berada di Jalan Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Untuk memasuki lokasi ini wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang. Pantai kalaki juga memiliki pasir yang sangat putih dan ombak yang tenang sehingga pantai ini sering dijadikan destinasi pertama ketika mengunjungi Bima.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut