get app
inews
Aa Read Next : Unik! Malino Highlands Wisata Pegunungan dengan Nuansa Negeri Sakura

Keren! Kereta Api Pertama di Sulawesi Penumpang Bebas Tarif Hingga Desember 2022

Sabtu, 03 Desember 2022 | 17:13 WIB
header img
Kereta pertama di Sulawesi dengan warna dominan kuning pada body kereta ( foto: istimewa )

JEMBER,iNewsw.id-Kini masyarakat Sulawesi punya moda transportasi baru, yaitu kereta api. Kereta api yang pertama ada di Sulawesi ini beroperasi secara terbatas. Jurusan kereta api ini dari Makassar-Parepare dengan lintas stasiun Garongkong-Maros.

Pengoperasian ini diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Lewat peresmian ini kereta Makassar- Parepare beroperasi dengan melintasi 9 stasiun. Secara umum panjang lintasan ke-9 stasiun ini mencapai 80 km.

Kereta yang digunakan di Sulawesi ini adalah kereta inspeksi. Kereta ini memiliki warna yang lebih dominan kuning. Kendaraan ini dinaiki oleh rombongan Budi Karya dan akan melintas dari Stasiun Maros menuju Stasiun Pangkajene dengan jarak yang akan ditempuh sekitar 20 km.

Kondisi kereta sudah layak sekali untuk beroperasi. Bagian dalam kereta terdapat sebuah ruang masinis, ruang rapat serta kursi penumpang. Terdapat lima kursi untuk setiap barisnya, tiga kursi di bagian kiri dan dua kursi bagian kanan. setiap baris dipisahkan oleh jalan akses. Di dalam kereta juga terdapat pendingin ruangan yang cukup membuat nyaman penumpang.

Kereta yang dikendarai oleh masinis dijalankan dengan cukup pelan. Jadi sepanjang perjalanan, penumpang disajikan dengan pemandangan yang sangat indah dengan dominan pemandangan sawah. 

Saat mulai memasuki wilayah Rammang-rammang penumpang akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang hijau yang menjulang tinggi.

Kereta ini berjalan sangat pelan dan berhenti di stasiun cukup lama. Rombongan ini tiba di Stasiun Pangkajene sekitar pukul  9.15 WITA. Sedangkan rombongan ini berangkat mulai dari pukul 8.30 WITA.

Menurut Budi Karya, dengan diresmikan pengoperasian kereta api ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat serta wisata yang ada di Sulawesi bisa berkembang dengan baik. Kabarnya kereta ini digratiskan hingga bulan Desember ini.

"Tahap pertama ini adalah soft launching kita lebih banyak upaya untuk meningkatkan awareness dari Kereta Sulawesi dan wisata Rammang-rammang. Kita gratis sampai Desember," kata Budi Karya, Jumat (2/12) dikutip dari detik.com

Perlu diketahui, kereta ini beroperasi dengan melintasi 9 stasiun yaitu, Maros, Rammang-rammang, Labakkang, Ma’rang, Mandalle, Tenete Rilau, Barru, dan Garongkong.

Jika anda menaiki kereta ini, anda akan melalui beberapa objek wisata seperti Pantai Tak Berombak, Wisata Alam Mengambang, Air Terjun Bantimurung, Kampoeng Karst Rammang-rammang, dan masih banyak lagi.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut