get app
inews
Aa Read Next : Kue Taripang, Hidangan Manis Khas Bugis Makassar

Sarabba Minuman asal Sulawesi Pengusir Penyakit Flu

Minggu, 11 Desember 2022 | 15:41 WIB
header img
Minuman Sarabba dari Makassar (foto : Istimewa)

JEMBER,iNews.id - Ada jenis minuman yang memiliki berjuta khasiat untuk kesehatan. Nama minuman ini adalah Sarabba asli Sulawesi. Minuman ini diyakini memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Masyarakat Makassar mengkonsumsi Sarabba untuk mengembalikan stamina saat badan kurang fit atau kelelahan setelah beraktivitas.

Sarabba juga dipercaya dapat mengusir penyakit flu, menghangatkan badan dan tenggorokan, serta dapat meredakan masuk angin. Sarabba sangat cocok untuk darah rendah maupun tinggi. Uniknya Sarabba memiliki citarasa sedikit pedas serta aroma rempah yang kuat.

Saraba belum pasti berasal dari daerah mana. Ada yang mengatakan bahwa minuman ini berasal dari Arab dan ada juga yang mengatakan bahwa minuman ini sudah ada sejak lama. Minuman ini sudah turun temurun dan tersebar ke berbagai pelosok desa di Sulawesi.

Sarabba sangat mudah ditemui, biasa dihidangkan saat ada acara kumpul-kumpul keluarga saat malam hari. Sarabba bahan utamanya yakni terdiri dari santan dan gula aren dan diberi tambahan jahe, garam, serta bubuk vanila.

Masyarakat Makassar mengkonsumsi Sarabba untuk menghangatkan tubuh dan mengendalikan stamina setelah beraktivitas. Karena terbuat dari bahan-bahan alami Sarabba tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi setiap hari. 

Kandungan Jahe pada Sarabba dapat memperlancar peredaran darah, mengobati perut kembung, serta migrain. Sedangkan gula merah berfungsi untuk mencegah anemia dan meningkatkan daya tahan tubuh, dan santan kelapa memiliki zat besi untuk mencegah penuaan dini. Setelah minum Sarabba, tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga penyakit flu dan masuk angin cepat sembuh.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut