get app
inews
Aa Read Next : The Great Asia Afrika, Wisata Keliling 7 Negara dari 2 Benua di Lembang

Unik! Malino Highlands Wisata Pegunungan dengan Nuansa Negeri Sakura

Senin, 16 Januari 2023 | 14:33 WIB
header img
Unik! Malino Highlands Wisata Pegunungan dengan Nuansa Negeri Sakura ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Sulawesi memiliki destinasi wisata yang sangat menakjubkan. Bagi wisatawan yang kurang menyukai suasana pantai, Sulawesi juga memiliki suatu daerah yang mempunyai pesona alam yang tak kalah indah dengan wisata bahari lainnya, yakni daerah Malino. 

Malino merupakan sebuah kelurahan yang terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Jarak tempuh dari Kota Makassar menuju ke Malino hanya sekitar 90 kilometer atau dapat ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan. 

Malino memiliki gunung-gunung yang kaya dengan pemandangan batu gamping dan pinus. Berbagai jenis tanaman tropis juga tumbuh dan berkembang di kota ini. Selain itu, Malino juga menghasilkan buah-buahan dan sayuran khas yang hanya tumbuh di lereng Gunung Bawakaraeng saja. Sebagian masyarakat Sulawesi Selatan masih menganggap bahwa gunung itu sebagai tempat yang suci dan keramat. Karena terletak di dataran tinggi, kota ini sering berkabut dengan jarak pandang hanya 100 meter saja. 

Malino juga memiliki tempat yang diberi nama Malino Highlands yang kini menjadi salah satu wisata alam pegunungan dengan luas mencapai 200 hektar. Malino Highlands bahkan sudah tercatat sebagai salah satu landmark dunia. Tempat wisata ini menawarkan pesona ama hijau yang sangat menawan bagi wisatawan. 

Sebelum mencapai lokasi Malino Highlands, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam seperti hamparan sawah, Bendungan Bili-Bili, aliran Sungai Jeneberang, gunung yang menjulang tinggi, bahkan pepohonan yang sangat menyejukkan mata dan memberikan kesan ketenangan di dalam hati. 

Untuk memasuki kawasan Malino Highlands, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000 per orang. Jika menginap,Malino Highlands memiliki penginapan dengan harga termurah sekitar Rp 1,75 juta per malam, sedangkan harga termahal bisa mencapai Rp 10 juta per malam. Tentunya harga ini sangat sepadan dengan berbagai fasilitas dan juga pelayanan eksklusif yang diberikan oleh Malino Highlands ini. Disini seluruh fasilitas yang digunakan bergaya arsitektur Jepang, dan pelayannya pun juga memakai kostum ala Jepang. 

Tak jauh dari lokasi Malino Highlands, wisatawan bisa menikmati dua air terjun. Wisata air terjun ini hanya berjarak 600-800 meter dari Malino Highlands. Tak hanya itu saja, di Malino Highlands terdapat mini zoo yang bisa berguna untuk tempat edukasi anak-anak. 

Bukan hanya menyajikan wisata saja, Malino Highland juga memiliki Green Pekoe Cafe yang memiliki arsitektur unik. Di kafe ini, wisatawan bisa menikmati berbagai minuman teh asli dari pegunungan Malino serta berbagai makanan lain baik makanan ringan maupun makanan berat. Jika sore datang, wisatawan diharapkan mempersiapkan pakaian hangat dan tebal, karena kabut mulai turun dan cuaca sekitar menjadi sangat dingin. 

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut