get app
inews
Aa Read Next : Klepon, Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang

3 Kreasi Minuman Asal Sulawesi Pelepas Dahaga Saat Cuaca Panas

Selasa, 20 Desember 2022 | 19:17 WIB
header img
Es Brenebon Khas Sulawesi (foto: istimewa)

JEMBER,iNews.id - Tak hanya terkenal dengan Wakatobi saja, Sulawesi juga memiliki minuman yang bisa menghilangkan dahaga. Minuman ini hits dari dulu sampai sekarang, rasanya yang manis sangat cocok dihidangkan saat siang hari. 

Dibawah ini ada tiga minuman yang sering dijumpai di Sulawesi. Minuman khas Sulawesi ini juga memiliki khasiat untuk tubuh, karena terbuat dari bahan-bahan alami. Berikut tiga minuman yang wajib dicoba jika pergi melancong ke Sulawesi. 

1. Jus Salak (Minuman Khas Sulawesi Bercita Rasa Manis)

Jus Salak minuman khas Sulawesi yang memiliki citarasa manis dan menyegarkan. Jus salak terbuat dari sari salak yang telah diolah. Di Sulawesi Jus Salak disebut juga Jus Buton.Jus salak ini menggunakan buah salak yang beda dari lainnya, karena salak yang digunakan adalah salak yang hanya tumbuh secara musiman. Jus ini sangat cocok jika dihidangkan saat cuaca gerah dan panas apalagi diberi tambahan es batu supaya lebih segar. Jus Salak banyak dijual di daerah Sulawesi Tenggara. 

2. Es Brenebon (Es Kacang Merah)

Es Brenebon atau Es Kacang Merah adalah salah satu minuman khas darI Manado atau Sulawesi Utara. Masyarakat biasa menggunakan Es Brenebon sebagai dessert setelah makan siang. Minuman tradisional ini sangat menyegarkan dan manis. Es Brenebon terbuat dari kacang merah sebagai bahan utama dan diberi tambahan gula putih, air, garam, vanili, gula aren, coklat bubuk, santan, serta susu atau tepung maizena. 

Minuman ini disajikan dengan es serut dan susu kental sebagai campurannya. Es Brenebon sangat mudah dijumpai di berbagai kedai makan di Manado. Bahkan kuliner ini sudah sampai ke negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia. 

3. Es Kelacin (Minuman Khas Sulawesi Asal Barae)

Minuman yang terakhir berasal dari Sulawesi Barat, minuman ini sangat dikenal oleh masyarakat sekitar karena memiliki citarasa yang manis dan menyegarkan. Di Jawa minuman ini disebut Es Cincau. Es Kelacin menggunakan cincau hitam sebagai bahan dasarnya, ini yang membedakan Es Kelacin dengan Es Cincau didaeerah Jawa. 

Minuman ini disajikan dengan daging kelapa muda, santan, gula merah serta daun pandan. Es Kelacin sangat cocok dihidangkan saat cuaca sedang panas atau gerah. Saat bulan Ramadhan Es Kelacin merupakan hidangan wajib untuk menemani waktu berbuka puasa. Selain itu Es Kelacin juga dipercaya bisa mengobati panas dalam dan sariawan.


 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut