Perlu Tahu, Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Buah Ini

Intan Eka
Perlu Tahu, Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Buah Ini ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Makanan yang dikonsumsi oleh wanita saat dalam masa kehamilan bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuhnya dan juga janin di dalam kandungan.

Pola makan yang sehat merupakan salah satu cara untuk menunjang tumbuh kembang sang calon bayi. Salah satu cara memenuhi nutrisi bagi ibu hamil ialah dengan memakan buah-buahan.

Tapi perlu diketahui, tak semua buah-buahan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil karena dipercaya bisa mengganggu kehamilannya. Dibawah ini ada berbagai macam buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. 

1. Nanas

Nanas merupakan buah yang dipercaya bisa menggugurkan kandungan. Sebab, buah ini bisa membuat kontraksi dalam rahim yang menyebabkan keguguran. Selain itu, nanas juga mengandung bromelain, yakni enzim yang bisa memecah protein. Bromelain sendiri bisa melunakkan serviks dan menyebabkan persalinan dini. 

2. Anggur

Anggur dipercaya sebagai buah yang dilarang untuk kesehatan ibu hamil. Sebab buah ini mengandung resveratrol yang menyebabkan ketidakstabilan hormon selama masa kehamilan. Anggur juga bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga sangat beresiko terhadap ibu hamil dan juga janinnya. 

3. Pepaya Muda

Pepaya kaya akan nutrisi makro dan juga vitamin yang sangat penting bagi tubuh. Namun, pepaya merupakan salah satu buah yang sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Pepaya muda juga bisa menyebabkan suhu di dalam tubuh naik, kondisi ini sangat tidak baik bagi kehamilan. Selain itu, buah ini juga kaya akan lateks yang bisa menyebabkan kontraksi rahim, pendarahan, atau bahkan keguguran. 

4. Pisang

Ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional dilarang untuk mengkonsumsi buah pisang. Buah pisang mengandung kitinase, zat yang mirip lateks atau yang dikenal dengan alergen. Komponen ini akan meningkatkan panas tubuh yang dapat membahayakan kehamilan.

5. Semangka

Umumnya buah semangka sangat baik untuk tubuh karena bisa membuang racun dari tubuh dan juga mengembalikan hidrasi. Tetapi mengkonsumsi semangka secara berlebihan saat hamil sangat tidak dianjurkan, karena semangka memiliki sifat diuretik yang bisa mengeluarkan nutrisi penting bersama dengan racun dari tubuh sang bunda. Kandungan gula di dalam semangka juga bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network