get app
inews
Aa Read Next : Wartawan di Jember Gelar Aksi Tolak Revisi UU Penyiaran

5 Jenis Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Jum'at, 17 Februari 2023 | 15:16 WIB
header img
5 Jenis Makanan Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Makan malam sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat kolesterol tinggi. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah kolesterol, sebab memiliki kandungan lemak yang lebih rendah. Hal ini berarti makanan nabati dan protein rendah lemak merupakan pilihan terbaik.

Mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol ternyata bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kolesterol sendiri merupakan zat alami yang terdapat di dalam tubuh serta memiliki banyak sekali fungsi yang sangat penting. 

Namun jika tubuh memiliki kadar kolesterol yang tinggi ternyata bisa menjadi masalah di dalam tubuh.  Sebab bisa meningkatkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Ada banyak sekali cara untuk menurunkan atau mempertahankan kadar kolesterol seseorang, termasuk saat menjalani program diet. 

Berikut ada beberapa menu makan malam yang rendah kolesterol. 

1. Kentang

Kentang merupakan salah satu makanan yang bisa mengelola kadar kolesterol. Kentang yang berukuran sedang dengan kulit mengandung serat dibawah 5 gram. Sebagian besar serat kentang banyak ditemukan di kulit. Studi juga menunjukkan bahwa serat larut bisa mengikat asam empedu yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

2. Alpukat

Alpukat banyak mengandung asam oleat yang bisa membantu tubuh menurunkan kolesterol jahat di dalam aliran darah. Alpukat bisa dicampurkan di dalam sandwich ataupun salad. Minyak alpukat memiliki rasa yang manis sehingga bisa digunakan sebagai pengganti minyak goreng. 

3. Salmon

Ikan seperti salmon, tuna albacore, sarden dan halibut memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Kandungan ini dipercaya bisa mengurangi trigliserida di dalam darah. Agar lebih sehat, ikan salmon dikonsumsi dengan cara dipanggang. 

4. Terong

Terong merupakan sayuran yang mengandung serat larut dan antioksidan yang sangat tinggi. Agar lebih sehat, terong sebaiknya dikonsumsi dengan cara dikukus. 

5. Okra

Para peneliti juga telah menunjukkan bahwa gel di dalam okra atau yang disebut mucilage bisa membantu tubuh menurunkan kolesterol dengan cara mengikatnya selama proses pencernaan. Hal ini bisa membantu membuang kolesterol melalui feses.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut