get app
inews
Aa Read Next : Es Campur Pa Oyen, Minuman Tradisional Pelepas Dahaga

Sejarah Batagor, Kuliner yang Dibuat Secara Tak Sengaja

Rabu, 11 Januari 2023 | 14:46 WIB
header img
Sejarah Batagor, Kuliner yang Dibuat Secara Tak Sengaja ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Batagor merupakan salah satu hidangan yang berasal dari Bandung. Batagor sendiri merupakan singkatan dari bakso tahu goreng

Hidangan ini dinikmati menggunakan saus kacang yang gurih. Batagor merupakan salah satu kuliner yang tercipta karena ketidaksengajaan. Beberapa pendapat menyebut bahwa batagor dibuat secara tidak sengaja oleh perantau asal Jawa Tengah yakni Kang Isan sekitar tahun 1973. Kala itu Kang Isan pergi merantau ke Bandung, Jawa Barat dengan menjual tahu bakso kukus keliling di sekitar tempat tinggalnya, tepatnya di seputaran Jalan Kopo. 

Namun, tahu bakso jualannya tak pernah habis dan selalu ada sisa. Agar tak mubazir, Kang Isan akhirnya membagi-bagikan sisa tahu baksonya ke para tetangga. Suatu hari, tahu baksonya sisa terlalu banyak, dan ia pun mencoba untuk menggoreng tahu baksonya sebelum diberikan ke para tetangga. Menggoreng tahu bakso ini dilakukan agar tahu baksonya tidak cepat basi. 

Setelah digoreng, tahu bakso tersebut kemudian diberi saus kacang yang telah diracik khusus. Tanpa disangka ternyata para tetangganya sangat suka dengan tahu bakso goreng ini. Banyak para tetangganya yang mulai memesan kuliner ini. Dari saat itulah Kang Isan menyebut kuliner ini sebagai batagor. 

Dengan seiring berjalannya waktu, Kang Isan membuka kedai batagor sendiri yang berada di Jalan Bojongloa. Batagor buatan Kang Isan terkenal dengan nama batagor H.Isan yang dikelola langsung oleh bapak Isan dan juga anak-anaknya. 

Pada tahun 2010, bapak Isan dikabarkan telah meninggal dunia. Meski begitu, jasanya dalam menciptakan batagor telah menginspirasi banyak orang sehingga patut untuk dikenang. Bapak Isan juga dikenal sebagai Bapak Batagor Indonesia. Kini batagor sudah terkenal di seluruh Indonesia.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut