get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Gurandil, Kudapan Tradisional dari Bandung yang Tren hingga Kini

Senin, 23 Januari 2023 | 13:54 WIB
header img
Gurandil, Kudapan Tradisional dari Bandung yang Tren Hingga Kini ( Foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Selain terkenal dengan nama kota sate, ternyata Bandung juga terkenal akan jajanan unik yang berwarna warni. Jajanan ini bernama Gurandil. Jajanan ini memiliki sebutan di berbagai daerah, seperti surandil, cenil, unal-unil, dan lain sebagainya. 

Meski memiliki banyak sekali nama, bentuk, citarasa, tekstur, serta warna gurandil tetap sama. Gurandil terbuat dari bahan dasar tepung tapioka atau tepung singkong. Camilan ini biasanya diberi berbagai warna yang cerah agar lebih menarik, seperti warna kuning, merah, hijau, dan juga putih. 

Kue ini biasanya disajikan dengan cara dipotong-potong berbentuk dadu. Jika di daerah lain, cemilan ini disajikan menggunakan tusukan sate. 

Penyajian yang menarik, membuat gurandil disukai banyak orang. Gurandil juga masih memberikan kesan tradisional karena menggunakan daun pisang sebagai alasnya. Gurandil memiliki rasa yang agak tawar,sebab dalam pembuatan gurandil tak menggunakan campuran gula pasir. 

Jadi sebelum dinikmati biasanya gurandil dilumuri parutan kelapa yang diberi campuran gula pasir sebelumnya. Bagi yang tak suka dengan parutan kelapa, bisa mengganti dengan kinca gula merah atau gula merah yang telah dicairkan. Hingga saat ini gurandil tetap menjadi primadona masyarakat Bandung karena memiliki tampilan yang menarik. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut