get app
inews
Aa Read Next : Penyakit Moncong Putih di Blitar Jadi Penyebab Petani Ikan Alami Kerugian Besar-besaran

Pesona Pantai Gatra yang Alami dan Jarang Terjamah

Senin, 09 Januari 2023 | 16:55 WIB
header img
Pesona Pantai Gatra yang Jarang Terjamah ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Pantai Gatra terletak di Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai Gatra masih sangat jarang dikenal oleh wisatawan. Sehingga masih sangat alami. 

Kawasan ini bisa digunakan sebagai salah satu destinasi liburan akhir pekan. Wisatawan bisa menikmati gugusan pemandangan pantai lain seperti Pantai Clungup, Pantai Bangsong, Pantai Asmoro, dan juga Pantai Tiga Warna.

Kondisi ombak di Pantai Gatra tak terlalu besar, sehingga pengunjung bisa berenang di sekitar pantai. Pantai ini diapit oleh beberapa pulau kecil, salah satunya Pulau Sempu. Pantai Gatra menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, yakni pemandangan air laut yang berwarna biru ditambah dengan kondisi langit yang sangat cerah. 

Batu karang yang menjulang tinggi mengingatkan pada keindahan Raja Ampat, Papua. Pengunjung bisa menikmati pemandangan dari ketinggian dengan menaiki tebing batu karang tersebut. Jika memiliki adrenalin yang tinggi dan terlatih, pengunjung bisa terjun bebas dari atas tebing. 

Pantai Gatra sering digunakan sebagai tempat camping oleh para pengunjung yang ingin berkunjung ke Pantai Tiga Warna. Sebab di kawasan Pantai Tiga Warna terdapat peraturan tidak boleh melakukan aktivitas camping atau berkemah. 

Selama camping, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sesungguhnya yakni dapat menikmati langit malam bertaburan bintang dan juga suara deburan ombak yang syahdu. Pengunjung yang melakukan kegiatan camping tak diperbolehkan menyalakan perapian untuk menjaga kebersihan dan juga keindahan pasir pantai. Pengelola pantai juga sudah menyediakan tungku-tungku di area kamar mandi yang bisa digunakan untuk umum. Pihak pengelola juga sering melakukan patroli untuk memastikan keamanan para pengunjung. 

Untuk memasuki kawasan Pantai Gatra pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 dan juga biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Jika ada pengunjung yang melanggar peraturan di pantai ini akan dikenakan biaya denda sebesar Rp 5.000. Kawasan Pantai Gatra termasuk ke dalam wilayah konservasi oleh sebab itu daerah ini dijaga dengan sangat ketat. Biaya denda yang dikenakan ke pengunjung yang melanggar akan digunakan untuk membeli bibit mangrove kemudian ditanam di sekitar pantai.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut