get app
inews
Aa Read Next : Viral di Medsos, Puluhan Jamaah Umroh Asal Jember Teriak Meminta Tolong 

Pangeran Sultan bin Salman Muslim Pertama yang Khatam Al-Qu'ran di Luar Angkasa

Senin, 20 Juni 2022 | 10:38 WIB
header img
Pangeran Sultan bin Salman menjadi muslim pertama yang membac Al-Quran di luar angkasa.(Foto:Al Arabiyah)

“Saya bekerja, ini hari Jumat jadi saya menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak-anak dan sebagainya, tetapi ini benar-benar sesuatu untuk dilihat dan direnungkan. Kenangan yang fantastis," katanya. 

Sesaat sebelum peluncuran ke ruang angkasa, dia mendapat pesan bahwa ibunya sedang melakukan Tawaf, mengelilingi Kakbah di Makkah. Pikiran itu terlintas di benaknya bahwa ketika ibunya mengorbit Kakbah, dia akan segera mengorbit planet ini.

Tak hanya berpusa, Pangeran Sultan selama misinya di atas pesawat ulang-alik Discovery juga membaca Al-Qur'an dan shalat. Foto-foto yang telah beredar mengabadikan momen itu sebagai muslim pertama yang shalat di luar angkasa. 

Di antara barang-barang pribadi yang dibawa dalam penerbangan adalah sebuah Al-Qur'an dan satu set tasbih. Pada hari kelima misi, Pangeran Sultan telah berhasil menyelesaikan seluruh pembacaan Al-Quuran atau menghatamkan di luar angkasa. Memandang ke luar jendela pesawat ulang-alik dan melihat planet dari ketinggian yang begitu tinggi memberi Pangeran Sultan perspektif baru tentang kehidupan, yang katanya dia bawa hingga hari ini. 

“Bayangkan jika Anda tinggal di kota kecil dan ada gunung besar, Anda belum pernah ke gunung itu sepanjang hidup Anda. Dan kemudian Anda pergi ke gunung dan melihat ke bawah. Bisakah Anda bayangkan itu?. Ini adalah efek yang sama persis. Ini adalah pandangan tentang tempat kita tinggal dari perspektif yang berbeda," ujarnya. 

“Ini benar-benar menakjubkan. Kelihatannya sangat kecil dan rapuh sehingga saya tidak tahu mengapa kita sebagai manusia tidak selalu mengingatkan diri kita sendiri...Kadang-kadang kita salah paham,” ujarnya. 

“Kami berada di sekolah, dan kami benar-benar dibor di kepala kami tentang perbatasan buatan antarnegara. Anda pergi ke luar angkasa, dan Anda menyadari bahwa mereka tidak ada seperti yang mereka lakukan di atlas atau buku geografi," pungkasnya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut