get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Gurun Pasir di Arab Saudi Berubah Jadi Ladang Lavender, Inilah 4 Fakta Menariknya!

Selasa, 28 Februari 2023 | 13:59 WIB
header img
Gurun Pasir di Arab Saudi Berubah Jadi Ladang Lavender, Inilah 4 Fakta Menariknya! ( Foto: Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Kawasan gurun pasir di Arab Saudi mulai berubah menjadi sebuah ladang bunga lavender yang sangat indah. Fenomena langka ini menjadi viral di sosial media. 

Gurun pasir yang telah berubah menjadi ladang tanaman lavender ini tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut 4 fakta menarik dari gurun pasir di Arab Saudi. 

1. Menarik Wisatawan Berkunjung 

Fenomena gurun pasir yang berubah menjadi hamparan lavender ini tentunya sangat menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Seorang wisatawan yang bernama Muhammad al-Mutairi mengaku rela berkendara selama enam jam hanya untuk menikmati ladang lavender di gurun pasir ini. 

Mutairi merupakan seorang pensiunan guru yang telah berusia 50 tahun. Ia mengunjungi ladang ini hanya untuk mengamati tanaman lavender secara langsung. Bahkan ia mengatakan bahwa hamparan tanaman lavender merupakan pemandangan yang indah dengan aroma khas yang bisa menyegarkan jiwa.

Wisatawan lainnya yang bernama Nasser al- Karaani, juga mengaku telah melakukan perjalanan sekitar 770 kilometer dari pusat Ibu Kota Arab Saudi hanya untuk menyaksikan ladang lavender ini. Ia bahkan telah mendirikan sebuah tempat istirahat bersama dengan temannya. 

2. Fenomena Langka 

Kemunculan ladang lavender di Arab Saudi merupakan sebuah fenomena langka dan jarang terjadi. Gurun pasir di daerah Arab Saudi sangat terkenal gersan dan sangat panas. Namun tiba-tiba terdapat sebuah ladang lavender yang sangat indah, tentunya hal ini bisa menarik berbagai wisatawan yang penasaran dengan ladang ini. 

3. Lokasi Berbatasan dengan Irak 

Ladang lavender yang berada di Arab Saudi ini terletak di Kota Rafha yang berada di bagian utara Arab Saudi. Lokasi ladang lavender sangat dekat dengan perbatasan Irak. Hingga saat ini, wisatawan berbondong-bondong mengunjungi ladang lavender ini.  

4. Penyebab Munculnya Ladang Lavender 

Berubahnya gurun pasir yang gersang menjadi ladang lavender di tanah Arab Saudi ternyata disebabkan oleh winter rain atau hujan musim dingin. Hujan musim dingin ini sempat membawa banjir yang mematikan pada bagian barat Arab Saudi pada akhir tahun lalu, sedangkan di bagian utara, winter rain malah membawa sebuah kehidupan baru di gurun pasir yang sekarang berubah menjadi ladang lavender ini. 

Itulah 4 fakta menarik terkait gurun pasir yang berubah menjadi ladang lavender di Arab Saudi.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut