Inilah 5 Ciri-Ciri Kesuburan pada Wanita

Inas Rifqia Lainufar / Intan Eka
Inilah 5 Ciri-Ciri Kesuburan Pada Wanita ( foto : Sindonews )

JEMBER, iNewsJember.id - Ada beberapa ciri-ciri wanita subur serta gampang untuk hamil. Tanda-tanda ini bisa diamati sejak wanita mulai mengalami menstruasi. 

Dengan mengetahui ciri-ciri lebih dini, kesehatan ginekologi pada wanita bisa dijaga dengan lebih baik. Pasalnya banyak sekali masalah atau penyakit yang bisa menyebabkan kemandulan. 

Berikut ada beberapa ciri-ciri wanita subur dan mudah hamil. 

1. Mengalami tanda-tanda sebelum menstruasi 

Wanita yang mudah hamil, salah satu tandanya terdapat lendir putih encer dan kental sebelum menstruasi. Biasanya tanda ini disertai dengan rasa nyeri pada area payudara. 

2.Tidak memiliki masalah kesehatan yang serius 

Memiliki tubuh yang sehat bisa menjadi nilai tambah dalam hal kesuburan. Selain kesehatan tubuh, kesehatan mental juga sangat diperlukan untuk kesuburan wanita.  

3.Tidak pernah menderita infeksi panggul 

Infeksi bakteri tertentu seperti klamidia dan gonore ternyata bisa dengan mudah menyebar ke saluran reproduksi sehingga bisa menyebabkan radang panggul. Infeksi ini bisa merusak ovarium, saluran tuba dan organ lainnya yang secara signifikan bisa meningkatkan resiko terjadinya infertilitas atau ketidaksuburan. Penderita infeksi ini ditandai dengan gejala demam, keputihan, nyeri saat berhubungan seks dan saat buang air kecil, serta pendarahan saat menstruasi. 

4.Tidak merokok 

Penelitian menunjukkan bahwa merokok memiliki dampak negatif pada kesuburan. Sekedar informasi, rokok bisa mempercepat hilangnya sel telur dari waktu ke waktu. Hal inilah yang bisa memperpendek umur reproduksi wanita sehingga akan sulit hamil. 

5.Siklus menstruasi selalu normal dan teratur 

Memiliki siklus menstruasi yang normal dan teratur merupakan ciri-ciri wanita yang subur, sebab hormon di dalam tubuh berkerja dengan baik dalam melepaskan sel telur setiap bulannya. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network