get app
inews
Aa Read Next : Review: Glad2Glow AHA BHA PHA Intensive Peeling Solution

Selain Telat Menstruasi, Inilah 6 Tanda-Tanda Kehamilan yang Perlu Diketahui

Selasa, 21 Februari 2023 | 17:53 WIB
header img
Selain Telat Menstruasi, Inilah 6 Tanda-Tanda Kehamilan yang Perlu Diketahui ( Foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Wanita yang telah menikah pastinya sering menunggu datangnya buah hati. Namun terkadang tanda-tanda kehamilan pada wanita jarang diketahui. 

Sebagai calon ibu, pastinya harus memahami apa saja tanda-tanda kehamilan agar bisa terdeteksi lebih dulu. Berikut ada beberapa tanda-tanda kehamilan selain telat haid. 

1. Sering buang air kecil

Tanda-tanda kehamilan yang pertama adalah peningkatan HCG ( human chorionic gonadotropin ) pada saat awal kehamilan. Hal ini kerap kali membuat produksi urine menjadi lebih banyak sehingga kandung kemih menjadi lebih cepat penuh. Faktor lainnya juga disebabkan oleh pembesaran ukuran pada rahim yang bisa menekan kandung kemih. 

2. Keluar darah dari vagina

Keluar darah dari vagina bisa juga menjadi tanda awal adanya kehamilan. Kondisi ini sering disebut sebagai pendarahan implantasi. Biasanya darah yang keluar memiliki warna agak kecoklatan atau merah muda dengan jumlah yang sedikit. 

3. Payudara lebih kencang

Saat hamil payudara akan lebih kencang, karena adanya peningkatan aliran darah serta jaringan pada payudara yang mulai berubah akibat adanya penurunan hormon di dalam tubuh ibu. Kondisi tersebut bisa menjadi proses alami tubuh untuk mempersiapkan kelahiran bayi hingga dimulainya proses menyusui. 

4. Perubahan nafsu makan

Ibu hamil akan cenderung lebih mudah merasa lapar dari biasanya. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon pada ibu hamil yang bisa menjadi tanda adanya kehamilan. 

5. Mudah merasa sakit di bagian pinggang

Hampir semua wanita akan merasakan sakit pinggang. Terutama saat menstruasi, namun ibu hamil juga akan merasakan sakit pinggang saat awal kehamilannya. Cara untuk meredakan sakit tersebut bisa dengan mengompres daerah yang sakit menggunakan air hangat. 

6. Kram Perut

Kram perut juga merupakan tanda awal terjadinya kehamilan. Umumnya kehamilan terjadi pada 6-12 hari setelah pembuahan terjadi. Kram pada perut sering terjadi pada saat minggu pertama kehamilan. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut