Keindahan Green Bay Banyuwangi yang Eksotis dan Tersembunyi

Intan Eka
Keindahan Green Bay Banyuwangi yang Eksotis dan Tersembunyi ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi adalah salah satu destinasi wisata yang letaknya berseberangan langsung dengan Pulau Bali. Tak hanya Pulau Bali yang memiliki deretan Pantai yang mempesona, ternyata Banyuwangi juga tak mau kalah. Salah satunya adalah Pantai Teluk Hijau. 

Pantai ini memiliki air yang berwarna hijau dan bahkan dijuluki sebagai Green Bay Banyuwangi. Pantai Teluk Hijau terletak di selatan kota Banyuwangi dan masih termasuk kedalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Teluk Hijau terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Jarak antara pusat kota dan lokasi pantai hanya sekitar 90 kilometer. 

Teluk Hijau memiliki panorama yang sangat indah dan juga masih jarang terjamah oleh wisatawan. Lokasi teluk hijau masih sangat tersembunyi, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin berlibur sekaligus mencari ketenangan. Belum banyaknya orang datang ke objek wisata ini bukan tanpa sebab. Untuk sampai ke pantai wisatawan harus bersusah payah menempuh perjalanan yang jauh, belum lagi melewati hutan, naik turun bukit hingga berjalan kaki. Akan tetapi, segala hal tersebut akan terbayar lunas oleh pemandangan alam di Pantai Teluk Hijau yang mempesona. 

Pantai ini berada setelah Pantai Batu, yakni pantai yang memiliki hamparan bebatuan kecil hingga besar yang tak beraturan. Menurut sejarah, batuan ini berasal dari hempasan gelombang tsunami yang menerpa pantai sehingga membawa material batu dari dasar laut menuju pantai. 

Teluk Hijau hanya berjarak 300 meter dari lokasi Pantai Batu, di tempat ini wisatawan bisa melihat dua karang besar yang membentuk gerbang secara alami. Apabila sudah bertemu dengan karang ini, artinya wisatawan sudah mencapai Green Bay Banyuwangi. 

Pantai Teluk Hijau memiliki air berwarna hijau yang sangat jernih, warna ini dihasilkan oleh jutaan alga yang hidup dan memantulkan warna hijau ke permukaan pantai. Selain itu, pasir pantai ini sangat lembut dan berwarna putih. 

Tak hanya itu saja, ada juga air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter yang berlokasi tidak jauh dari bibir pantai. Jaraknya hanya 20 meter saja.

Lingkungan wisata di Teluk Hijau masih sangat asri dan bersih, tidak ada sampah yang mengotori pantai ini. Untuk memasuki kawasan Teluk Hijau wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alamnya. Tak hanya itu saja wisatawan bisa memancing atau melakukan aktivitas air di teluk ini. Teluk ini buka dari pukul 07.00 sampai 14.30 WIB.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network