Intip Keindahan Air Terjun Jagir yang Eksotis

Intan Eka
Intip Keindahan Air Terjun Jagir yang Eksotis ( foto : Istimewa )

JEMBER,iNews.id - Air Terjun Jagir merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat ke Banyuwangi. Ternyata Lokasi Air Terjun Jagir hanya sekitar 20 kilometer dari Kawah Ijen. 

Air Terjun Jagir berlokasi di Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Glagah. Untuk menuju air terjun tidaklah sulit, karena air terjun ini terletak di pinggir jalan sehingga sangat memudahkan para wisatawan untuk mencapai Air Terjun Jagir.

Di tempat ini juga disediakan lahan parkir yang berada di pinggir jalan sehingga wisatawan dapat dengan mudah memarkirkan kendaraannya. Tak jauh dari lokasi bisa ditemukan loket tempat pembelian tiket masuk. 

Dibelakang loket, ada sebuah tangga yang cukup curam namun sudah tertata dengan rapi dan baik sehingga memudahkan wisatawan untuk menuju lokasi air terjun. Di pinggiran tangga juga sudah dilengkapi dengan pegangan yang terbuat dari besi, selain itu kanan kiri dihiasi dengan pepohonan yang asri dan juga berwarna-warni. Kondisi tangga bisa menjadi licin jika terkena hujan. 

Air Terjun Jagir berjarak 30 meter dari loket, dan wisatawan harus melewati ratusan tangga untuk menuju tempat ini. Namun dengan pemandangan air terjun yang menyejukkan bisa mengobati rasa lelah setelah menuruni tangga. 

Saat dibawah, wisatawan akan menyeberangi sebuah jembatan yang berwarna merah, jembatan ini diberi nama “ Jembatan Jagir “. Jembatan ini akan membawa wisatawan bisa lebih dekat dengan area air terjun. 

Di lokasi air terjun terdapat 3 macam Air Terjun yang bisa dinikmati antara lain, Air Terjun Jagir, Air terjun Buyut Ijah, dan juga Air Terjun Kethegan.

Penamaan Air Terjun Jagir disebabkan oleh aliran air yang keluar dari akar Pohon Jagir yang konon sangat dikeramatkan oleh warga setempat. Karena pohon ini hanya tumbuh di Dusun Kampung Anyar saja. Padahal air terjun ini berasal dari Sumber air Jagir yang sangat jernih dan deras. Air Terjun Jagir sendiri memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Yang kedua ada Air Terjun Buyut Ijah yang tingginya sama dengan Air Terjun Jagir yakni 10 meter. Aliran air air terjun ini lebih besar dibandingkan dengan Air Terjun Jagir. Sedangkan di bawah aliran air terdapat kolam alami yang bisa digunakan wisatawan untuk bermain air atau mandi. 

Terakhir ada Air Terjun Kethegan yang merupakan air terjun tertinggi dibandingkan dengan kedua air terjun sebelumnya. Air terjun ini mencapai ketinggian sekitar 30 meter. Untuk mencapai air terjun ini diperlukan waktu sekitar 15-20 menit melewati jalan yang masih berbatu dan tersembunyi. 

Air Terjun Kethegan berasal dari Sumber Pawon yang dikelola langsung oleh PDAM Banyuwangi untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Banyuwangi. 

Jam operasional Air Terjun Jagir dimulai dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.30. Air terjun ini buka setiap hari mulai dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. 

Tiket masuk menuju air terjun hanya dibanderol Rp 5.000 per orang ditambah dengan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda 4. Terdapat beberapa fasilitas yang sudah disediakan di tempat ini, seperti ruang ganti, kamar mandi, mushola, gazebo, dan juga beberapa warung makanan. 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network