Pantai Nanggelan, Wisata Pantai Perawan yang Tersembunyi

Intan Eka
Pantai Nanggelan, Wisata Pantai Perawan yang Tersembunyi ( foto : istimewa )

JEMBER, iNewsJember.id - Salah satu pantai tersembunyi di Jember adalah Pantai Nanggelan. Pantai ini terletak di Kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Akses jalan menuju pantai ini masih terbilang sangat sulit. 

Selain akses jalan yang belum bisa dilalui oleh kendaraan besar, petunjuk arah menuju lokasi masih sangat minim. Sehingga pantai ini masih jarang diketahui oleh banyak orang. Hal ini juga didukung oleh lokasi pantai yang tersembunyi dibalik gunung di Desa Curahnongko.

Lokasi Pantai Nanggelan masih sangat terjaga keasriannya, sehingga untuk mencapai pantai wisatawan harus mendaki bukit terlebih dahulu. Ketika sudah menuruni bukit, suasana pantai akan sangat terasa. Terdengar bunyi ombak yang begitu jelas disertai dengan pemandangan birunya laut yang memukau mata. 

Pantai Nanggelan masih belum memiliki aneka fasilitas wisata, sehingga bisa dibilang sebagai kawasan pantai perawan. Pantai ini juga masih sangat sepi dan jarang terjamah oleh tangan manusia. Karena lokasi wisata ini masih sangat tersembunyi dan akses jalannya masih sangat sulit. Sehingga wisatawan akan berpikir dua kali untuk menuju lokasi ini.  

Pantai Nanggelan memiliki pasir yang berwarna coklat dengan ombak yang tergolong cukup besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Akan tetapi, pantai alami ini mampu memukau mata. Di lokasi pantai ini, wisatawan juga bisa melakukan camping bersama teman-teman dan keluarga. Area ini juga sangat dekat dengan sumber air bersih sehingga bisa memudahkan wisatawan untuk melakukan aktivitas berkemah. Selain itu wisatawan yang berkemah bisa dengan leluasa menikmati keindahan sunset di Pantai Nanggelan karena pantai ini langsung mengarah ke barat. 

Jangan khawatir jika camping di lokasi ini, karena lokasi pantai sangat aman dan dijaga oleh petugas dari Taman Nasional Meru Betiri. Banyak juga perahu-perahu nelayan yang berjejeran yang digunakan nelayan untuk mencari ikan. 

Harga tiket masuk hanya dibanderol mulai Rp 10.000 hingga Rp 20.000 tergolong murah dan terjangkau tentunya. Ada tiga rute untuk menuju Pantai Nanggelan, yakni rute pertama bisa melewati pabrik kayu jati di Curahnongko dan melewati area perkebunan kopi. Setelah itu bisa masuk ke pemukiman warga, lalu menyusuri perkebunan jati hingga jalanan habis. 

Rute Kedua bisa melewati jalur lintas selatan  ( JLS ). Patokan utamanya adalah Lapangan Golf Glantangan Jember, kemudian ikuti petunjuk jalan ke arah Pantai Nanggelan. Jalur ini sudah beraspal mulus, sehingga lebih memudahkan wisatawan. Jika menggunakan jalur ini, wisatawan akan melewati perkebunan milik PTPN setempat. 

Rute terakhir yakni melewati Pantai Watu Ulo. Sekitar 3 kilometer sebelum memasuki kawasan Pantai Watu Ulo terdapat sebuah perempatan kecil kemudian ambil ke arah kiri. Setelah itu, masuk ke sebuah pemukiman dan ikuti jalan yang berbelok-belok. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network