get app
inews
Aa Read Next : PTPN XII Kalitelepak Siapkan 910.000 Ton Tebu untuk Mendukung Swasembada Gula Nasional

Keindahan Destinasi Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Kamis, 05 Januari 2023 | 10:00 WIB
header img
Keindahan Destinasi Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi ( foto : istimewa )

JEMBER,iNews.id - Pantai Pulau Merah merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Wisata ini menyajikan pemandangan pantai yang sangat indah dengan ombak yang cukup tinggi, sehingga cocok bagi wisatawan yang gemar berselancar. Tak heran banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mencoba berselancar di tempat ini. 

Pantai Pulau Merah berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pasir putih di Pulau Merah terbentang sepanjang 3 kilometer. Kadang pasir di pantai terlihat seperti berwarna pink atau kemerahan jika terkena cahaya matahari. 

Nama Pantai Pulau Merah diambil dari sebuah bukit kecil yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Bukit ini diselimuti dengan tanah merah yang menjorok ke tengah laut, sehingga terlihat seperti pulau yang berwarna merah. Bukit ini bisa dikunjungi ketika air laut sedang surut. Sedangkan jika air laut pasang bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang dipisahkan oleh air laut. 

Di sebelah pintu masuk pantai terdapat sebuah pura yang sering digunakan oleh umat Hindu daerah sana untuk melakukan upacara keagamaan. Pura itu bernama Segara Tawang Alun. Acara keagamaan yang sering dilaksanakan di Pulau Merah selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Dahulu sebelum disebut Pulau Merah, pantai ini bernama Pantai Wringinpitu. Nama ini hanya dikenal oleh masyarakat sekitar saja. Sejak destinasi ini terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan, barulah pemerintah daerah merubah menjadi Pantai Pulau Merah. 

Bukit yang berada di tengah laut tak begitu nampak merah karena terdapat banyak pohon yang menutupinya. Selain itu sebutan tanah merah juga berasal dari pasir pantai yang terlihat kemerahan saat sore hari.

Warna ini disebabkan oleh pasir pantai yang basah terkena pantulan cahaya matahari saat akan tenggelam. Pemandangan ini akan semakin tampak ketika musim kemarau tiba. 

Dibalik keindahan Pantai Pulau Merah beredar beberapa cerita mistis yang sering dikaitkan dengan Pulau Merah. Beberapa penduduk sering melihat kilatan cahaya berwarna merah di pantai sehingga pantai tersebut memiliki nama Pulau Merah.

Ada juga cerita tentang Pura Segara Tawang Alun yang tidak bisa hancur ketika dilanda Tsunami. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1990 silam, padahal ketinggian ombak hampir setinggi 13 meter. Pantai Pulau Merah juga dianggap keramat oleh umat Hindu karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.

Harga tiket masuk Pantai Pulau Merah dibanderol mulai Rp 10.000 per orang dan tiket parkir yakni sebesar Rp 2.000 untuk sepeda, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda 3.

Bagi wisatawan yang berasal jauh dari Pantai dapat menggunakan fasilitas homestay untuk beristirahat. Rata-rata tarif homestay di sekitar pantai dibanderol mulai Rp 100.000 ribu per malam. 

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut