4 Pulau Kecil di Indonesia Cocok Dijadikan Destinasi Wisata

Ajeng Wirachmi / Intan Eka
4 Pulau Kecil di Indonesia Cocok Dijadikan Destinasi Wisata ( foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Tak hanya pulau-pulau besar saja yang memiliki wisata indah, banyak sekali pulau-pulau kecil di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. 

Wisatawan yang datang pasti akan langsung terpukau dengan keindahan dan juga fasilitas di pulau kecil yang cukup lengkap, seperti lokasi camping, fasilitas toilet, mushola, dan fasilitas pendukung lainnya. 

4 Pulau Kecil di Indonesia 

Berikut 4 pulau kecil di Indonesia yang cocok dijadikan sebagai tempat wisata. 

1. Pulau Papan 

Pulau Papan merupakan destinasi wisata yang berada di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan hanya perlu menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. 

Perjalanan dimulai dari ibu kota Kabupaten Tojo Una-una yakni Ampana. Pulau Papan juga dilengkapi dengan jembatan unik yang berada di atas laut. Jembatan ini bisa menghubungkan Pulau Papan dengan Pulau Malenge. Kabarnya pulau ini banyak dihuni oleh masyarakat dari Suku Bajo.

2. Pulau Ayam

Pulau Ayam terletak di kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Menurut berbagai sumber, pulau ini dinamakan Pulau Ayam karena memiliki bentuk yang hampir menyerupai bentuk ayam. 

Untuk mencapai lokasi ini wisatawan bisa menggunakan speed boat dari Tarempa atau Pelabuhan Telung dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 500.000 hingga Rp 700.000. Untuk mengunjungi pulau ini disarankan ketika musim panas. Saat musim ini wisatawan bisa melakukan snorkeling dengan menyaksikan keindahan bawah laut yang sangat memukau. 

3. Pulau Bawah

Pulau Bawah sendiri terletak di Anambas, Riau. Para wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini akan dimanjakan dengan jernihnya air laut serta lebatnya hutan. Pulau ini memiliki sekitar 13 pantai dengan 100 hektar hutan hujan rimbun yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan juga bisa melakukan snorkeling atau bahkan hiking di Pulau Bawah ini. 

4. Pulau Ayer

Pulau Ayer merupakan salah satu pulau kecil yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata. Untuk mengunjungi pulau ini wisatawan bisa menempuh perjalanan sekitar 25 menit dari Pantai Marina, Ancol. Saat di pulau ini, wisatawan tak diperbolehkan untuk diving atau snorkeling karena dianggap berbahaya. Sebab Pulau Ayer merupakan pulau yang sangat dekat dengan Jakarta, dikhawatirkan air laut yang ada di sekitar pulau sudah terkena imbas dari pencemaran Ibu Kota.

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network