Nikmati Sensasi Uniknya Menyantap Batok Tawon Kuliner Khas Banyuwangi

Intan Eka
Botok Tawon, Kuliner Khas Banyuwangi (Foto : istimewa)

JEMBER,iNews.id - Indonesia memiliki banyak sekali kuliner. Bahkan ada juga kuliner ekstrim yang sangat terkenal di beberapa penjuru Indonesia.

Di Jawa Timur, khususnya Banyuwangi, ada salah satu kuliner ekstrim yang diberi nama Botok Tawon. Dari penamaannya saja sudah bisa ditebak bahwa bahan utama dari makanan ini adalah sarang lebah atau tawon.

Tawon atau lebah adalah salah satu hewan yang memiliki sengatan kuat dan berbahaya. Kadang tawon bisa menjadi hama. 

Oleh masyarakat Banyuwangi kuliner ini dipercaya sebagai salah satu hidangan yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan. Hidangan ini sering disajikan saat menjalankan ritual adat, membangun rumah, memulai usaha baru, hingga saat ada acara pernikahan. 

Batok tawon diartikan sebagai sebuah simbol yang diharapkan bisa mendatangkan kemudahan untuk masyarakat Banyuwangi. Asal usulnya hampir sama dengan sarang lebah yang senantiasa dihinggapi oleh lebah sehingga banyak menghasilkan madu.

Manfaat lain saat mengkonsumsi makanan ini, yakni sebagai sumber Antioksidan, sebagai anti virus, bakteri serta jamur. Bisa juga sebagai obat alami Aterosklerosis, untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan membantu meregenerasi sel hati.

Jika ingin mencicipi kuliner ini bisa mencari di kedai makan di sepanjang daerah Banyuwangi. Biasanya makanan ini dibanderol dari harga Rp 5.000 hingga Rp 19.000 per porsinya.

Editor : Abdul Muis Setiawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network