get app
inews
Aa Read Next : Misteri Dibalik Keindahan Goa Maharani, Lamongan

Nikmatnya Es Dawet dari Buah Lontar

Rabu, 07 Desember 2022 | 06:59 WIB
header img
Es Dawet Siwalan dari Lamongan (foto; Istimewa)

JEMBER,iNews.id - Es Dawet umumnya terbuat dari tepung beras dan identik berwarna hijau. Ada salah satu es dawet yang berbeda dari biasanya. Es Dawet ini berasal dari Lamongan Jawa Timur, tepatnya di daerah pesisir Paciran.

Es Dawet ini menggunakan buah dari pohon siwalan sebagai isiannya. Pohon siwalan disebut juga pohon lontar. Es dawet dari Lamongan ini jarang bisa ditemui di daerah lain, karena pohon siwalan sangat susah ditemui di daerah cuaca dingin, pohon ini hanya bisa tumbuh di daerah yang kering saja seperti dilansir dari laman ksmtour.com

Minuman ini gampang ditemukan di daerah pesisir Paciran. Hampir setiap warung di pinggir jalan menjual minuman ini. Di Lamongan buah ini disebut ental, yang biasanya terbungkus dalam kulit yang keras berwarna coklat dan berbentuk mirip bola. Sekilas rasa buah ini mirip dengan kolang-kaling, dan warna daging buahnya putih bening.Tetapi jika dibandingkan dengan kolang kaling buah ini lebih besar serta berbentuk bulat pipih.

Es Dawet ini disajikan dengan menggunakan santan dan sirup gula merah ( paling cocok menggunakan gula merah dari siwalan yang asli ).  Citarasa minuman ini yaitu manis, gurih dari santan,  legit dan tentunya segar. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi jika cuaca sedang panas.

Selain itu buah siwalan ini memiliki dumber kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti mengadung karbohidrat, protein, glukosa, sukrosa, vitamin C, vitamin B1, dan lemak dengan kadar rendah. Es Dawet ini dibanderol dengan harga Rp 5.000 per gelas. 

 

 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut