get app
inews
Aa Read Next : Berantas Peredaran Narkoba, Polres dan Pemkab Jember Bentuk KTAN

Kabar Gembira Bagi Pemohon SIM Baru, Polres Jember Tak Lagi Pakai Lintasan Angka 8

Kamis, 10 Agustus 2023 | 20:10 WIB
header img
Ilustrasi ujian praktik pembuatan sim baru.

JEMBER,iNewsJember.id - Kabar gembira khususnya bagi pengendara motor pemula yang ingin membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM) C. Satlantas Polres Jember sejak tanggal 7 Agustus 2023 telah merubah alur lintasan uji praktik. 

Ujian praktik ini menjadi penentu layak dan tidaknya bagi pemohon untuk mendapatkan surat ijin mengemudi, tak sedikit di tahapan praktik ini pemohon yang mengalami kegagalan.

Pemohon sebelumnya banyak yang mengakami kesulitan dan gagal saat uji praktik ini sebab lintasan yang diujikan terlalu rumit serta jarak tepi garis lintasan juga terlalu sempit sehingga tidak mudah bagi pengendara untuk lulus di uji praktik ini, al hasil ada pemohon yang sampai tes ujian ini sampai berkali kali namun tetap tidak lulus.

Sejak dihapusnya lintasan angka 8 serta penambahan kelebaran lintasan pemohon relatif lebih mudah dalam praktiknya, terbukti banyak yang lulus.

Dari data yang dihimpun oleh media ini pada hari pertama, Senin (7/8) saat diberlakukan lintasan yang baru sebanyak 22 pendaftar dinyatakan lulus semua.

“Para peserta dapat dengan mudah menaklukkan lintasan ujian SIM C yang baru, dengan lebar 200 centimeter. Lebar lintasan tersebut lebih luas dibandingkan luas lintasan sebelumnya yang hanya 120 centimeter,” Ujar Iptu Muhammad Hariyazie, Kanit Registrasi dan Identifikasi Satlantas Polres Jember 

Ia menjelaskan dari 22 pemohon SIM C itu 6 orang merupakan pemohon baru sementara sisahnya 16 pemohon adalah pemohon lama yang sudah tujuh kali gagal dalam ujian praktik.

Mereka sampai tujuh kali gagal karena kesulitan melewati lintasan yang terdapat angka 8. Namun, dengan dihapuskannya lintasan berbentuk angka 8, dapat mempermudah peserta untuk lulus ujian.

“Kami telah mengambil pernyataan dari sejumlah pemohon yang melaksanakan ujian praktik hari ini. Mereka menilai lapangan praktik yang baru tergolong mudah. Sehingga yang sudah tujuh kali gagal, hari ini mereka berhasil lulus,” tukasnya.

Editor : Eko Riswanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut