get app
inews
Aa Read Next : Sepekan Setelah Idul Fitri Harga Bawang Merah Di Jember Masih Tinggi

Infeksi Kulit, Atasi dengan 4 Obat Alami Ini!

Rabu, 01 Maret 2023 | 14:38 WIB
header img
Infeksi Kulit, Atasi dengan 4 Obat Alami Ini! ( Foto : Okezone )

JEMBER, iNewsJember.id - Bahan rumahan ternyata banyak memiliki manfaat, salah satunya bisa menyembuhkan penyakit kulit secara alami. Penyakit kulit umumnya terjadi akibat adanya infeksi atau terserang virus, bakteri, jamur serta parasit. 

Bahan alami yang sering digunakan di rumah ternyata bisa membantu menyembuhkan infeksi pada kulit, karena memiliki sifat antimikroba. Sebagian bahan rumahan ini bisa mengatasi sakit kulit hanya dengan mengkonsumsinya saja. Ada juga yang hanya dioleskan pada bagian yang terluka. 

Berikut ada beberapa bahan alami yang ada di rumah untuk bantu atasi sakit kulit. 

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan pengobatan alami yang terbukti efektif untuk mengatasi kurap serta infeksi yang disebabkan oleh jamur. Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat dan asam kaprilat yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa melindungi kulit dari mikroorganisme berbahaya. Minyak ini juga dipercaya bisa menjaga sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi. 

2. Bawang putih

Bawang putih segar memiliki kandungan asam amino yang sering disebut allicin. Kandungan ini memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, antivirus, serta antiseptik. Allicin bisa melawan segala jenis bakteri penyebab jerawat. Selain itu kandungan allicin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan pada tubuh. 

Dengan mengkonsumsi bawang putih segar, tubuh agar terhindar dari jamur dan juga cacing di area pencernaan. Bawang putih sangat aman jika digunakan untuk mengatasi infeksi pada kulit, seperti infeksi jamur dan juga kutil. 

3. Kunyit

Yang terakhir ada kunyit. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi, antimikroba dan antioksidan bisa mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti jerawat, eksim, dan juga dermatitis atopik. Cara mengatasinya tergolong cukup mudah, yakni bisa dengan cara dimakan atau dioleskan pada area luka.

4. Madu

Menurut penelitian, madu memiliki sifat antibakteri. Kandungan ini bisa mengatasi bakteri yang umumnya terdapat pada area luka, seperti methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan vancomycin-resistant Enterococci (VRE). Cara penggunaannya pun sangat mudah, yakni cukup oleskan madu pada area luka dan abses. Atau bisa juga dicampurkan dengan bawang putih dan juga jahe agar proses penyembuhan luka lebih cepat. 

Editor : Abdul Muis Setiawan

Follow Berita iNews Jember di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut